Main Article Content

Abstract

Jenis penelitian ini adalah ex-post facto yang bersifat kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa STKIP Andi Matappa. Data dikumpulkan melalui 45 orang sampel yang terpilih dengan menggunakan teknik penyampelan berkelompok (equalsize cluster random sampling). Penelitian ini bertujuan untuk: (1)Untuk mengetahui gambaran efikasi diri, konsep diri, aktivitas belajar, kemandirian belajar dan hasil belajar matematika (2)Untuk mengetahui dan menjelaskan seberapa besar pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar matematika mahasiswa baik secara langsung maupun tidak langsung (melalui kemandirian belajar), (3)Untuk mengetahui dan menjelaskan seberapa besar pengaruh konsep diri terhadap hasil belajar matematika mahasiswa  baik secara langsung maupun tidak langsung (melalui kemandirian belajar). Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan analysis jalur (path anlysis).


Hasil Penelitian menunjukkan bahwa:(1)Sebagian besar mahasiswa STKIP Andi Matappa memiliki: efikasi diri dengan kategori tinggi, konsep diri dengan kategori tinggi, aktivitas belajar dengan kategori sangat tinggi, kemandirian belajar dengan kategori tinggi dan hasil belajar matematika dengan kategori tinggi; (2)Efikasi diri yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika baik secara langsung maupun tidak langsung (melalui kemandirian belajar),Konsep diri yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika baik secara langsung maupun tidak langsung (melalui kemandirian belajar) dan aktivitas belajar yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika baik secara langsung maupun tidak langsung (melalui kemandirian belajar).

Keywords

Hasil Belajar Mahasiswa, Efikasi Diri,Konsep Diri, Aktivitas Belajar, Kemandirian Belajar

Article Details

References

  1. Bandura, A. 1997. Self Efficacy: The Exercise of Control. New York: Freeman.
  2. Hidayat, Edi. 2009. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Dan Kemandirian Belajar Siswa sekolah Menengah Pertama Dengan Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik. Tesis tidak diterbitkan. Bandung. UPI.
  3. Rondiyah. 2009. Model Struktural Faktor-Faktor Antaseden Hasil Belajar Matematia Siswa Dalam hubungannya Dengan faktor Internal Dan Eksternal Pada Sekolah menengah atas Negeri Di Kota Makassar.Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Universitas Negeri Malang (UNM).
  4. Syukriah. 2009. Model Struktural Dalam Menilai Antar-Hubungan Antara Faktor Internal Dan Eksternal Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X Sma Negeri Di Kota Makassar.Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Universitas Negeri Malang (UNM).
  5. Tiro, M A, Arbianingsih. 2011. Teknik Pengambilan Sampel. Makassar: Andira Publisher.