Program Pengembangan Kewirausahaaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Ma’rufi Marufi Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Muhammad Ilyas
  • Aswar Anas
  • Reski Yusrini Islamiah
Keywords: Tenat, Warpen, Wirausaha, Mandiri

Abstract

Tujuan program pengembangan kewirausahaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan adalah menghasilkan mahasiswa dan alumni berwirausaha yang mandiri berbasis iptek, melalui program yang terintegrasi dengan melibatkan dosen, narasumber, mahasiswa, dan alumni. Kegiatan program ini antara lain (1) pengembangan jiwa wirausaha, (2) pelatihan manajemen dan skills usaha bagi tenant, (3) konsultasi bisnis, dan (4) memfasilitasi tenant dalam berwirausaha untuk menghasilkan wirausaha baru. Pelatihan manajemen kewirausahaan berbasis kemandirian dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan kewirausahaan, mendorong tumbuhnya motivasi berwirausaha, meningkatkan pemahaman manajemen organisasi, manajemen produksi, manajemen keuangan, dan manajemen pemasaran, serta membuat rencana bisnis atau studi kelayakan usaha. Bebarapa tenant mengikuti magang pada unit usaha mitra untuk memberikan pengalaman praktis kewirausahaan kepada mahasiswa dan alumni dengan cara ikut bekerja sehari-hari pada unit usaha tersebut. Mahasiswa dan alumni yang berminat atau baru merintis usaha bisa menyempurnakan kegiatan kewirausahaan yang telah dilakukan sebelumnya. Tim pengelola program ini yaitu mahasiswa dan alumni, menggali jenis komoditas bisnis para tenant sesuai dengan bakat dan minatnya. Tahun 2018 program ini melakukan pembinaan kewirausahaan kepada lebih dari 20 tenant mahasiswa dan alumni yang merintis usaha baru, selanjutnya dari jumlah tersebut dipilih 20 orang menjadi tenant. Di akhir program ini menghasilkan 5 tenant mahasiswa dan alumni menjadi wirausaha baru dengan berbagai bidang usaha yang berdimensi “Inovasi Kreasi Bisnis yang Mengsinergikan Dunia Usaha dengan Dunia Pendidikan Menggunakan Teknik Warung Pendidikan (WARPEN)”. Bidang usaha antara lain: (1) Warpen Aksesoris, (2) Warpen Bimbel, (3) Warpen Literasi, (4) Warpen Analisis Data (Warpen Anda), dan (5) Warpen Desain.

References

Ananda A.V. dan Taufik R.D.A. 2015. Intensi kewirausahaan mahasiswa universitas Trunojoyo Madura. Universitas Trunojoyo Madura. Jurnal Agriekonomika. Volume 4, Nomor 1.
Mutia, I. 2004. Sistem Informasi Manajemen Konsep. Perpustakan USU; Universitas Sumatra Utara.
Oki D. 2015. Model Persamaan Struktural Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Kewirausahaan Mahasiswa FMIPA UNSRI. Universitas Sriwijaya. Jurnal Matematika Vol. 5 No.1, Juni 2015. ISSN: 1693-1394.
Wanda M. Widyani. 2013. Pentingnya pola Kemitraan dalam Meningkatkan Peran Kinerja Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Jawa Timur Periode 2006-2011. Universitas Surabaya. Jurnal Calyptra Volume 2 Nomor 2.
Published
2018-08-21
How to Cite
Marufi, M., Ilyas, M., Anas, A., & Islamiah, R. (2018). Program Pengembangan Kewirausahaaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 67-65. https://doi.org/10.31960/caradde.v1i1.13
Section
Articles