Implementasi Model STM (Sains Teknologi Masyarakat) “Two In One” Dalam Pelatihan Pembuatan Media Ajar Fisika Berbasis Arduino Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Fisika Di Kabupaten Purworejo

  • Umi Pratiwi Universitas Muhammaadiyah Purworejo
  • Sriyono Sriyono Universitas Muhammaadiyah Purworejo
Keywords: STM; CMS; E-Learning; Media ajar fisika; Arduino

Abstract

Permasalahan yang dihadapi guru-guru fisika kabupaten Purworejo saat ini adalah penggunaan media ajar yang tidak sesuai dengan perkembangan jaman. Guru Fisika masih banyak yang tidak mengerti atau tidak memiliki pengetahuan bagaimana mendesain alat praktikum dengan memanfaatkan teknologi mikrokontroler dan sensor.Tujuan penelitian ini adalah memberikan pelatihan pembuatan media ajar fisika menggunakan mikrokontroler Arduino dan sensor. Mitra dalam pengabdian ini adalah guru-guru fisika yang tergabung dalam MGMP Fisika se-Kabupaten Purworejo yaitu, SMA N 1 Purworejo dan SMA Muhammadiyah Purworejo. Metode penelitian yang digunakan adalah pelatihan dengan model STM (Sain Teknologi Masyarakat) two in   one yang  mengintegrasikan antara pemrograman arduino sebagai software dengan komponen elektronika sensor sebagai hardwarenya. Hasil yang diperoleh bahwa 50 % peserta pelatihan menyatakan pelatihan sangat bermanfaat dan 90 % menyatakan untuk dilaksanakan kembali secara berkala. Pelatihan ini menambah wawasan dan kemampuan bagi peserta tentang materi media ajar berbasis arduino sebesar 25 %. Diharapkan pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan peserta dalam pengembangan media ajar lebih lanjut.

References

Akcay, Hakan, dan Robert E.Yager (1996), The Impacto fa Science/Technology/ Sociatey Teaching Approach on Student Learnigin Five Domains, J Sci Technol.

Anna dan Suwarma. 2015, FilsafatIlmu, Universitas Terbuka, Jakarta.

F. Bouquet and J. Bobroff. 2017. Project-based physics labs using low-cost open-source hardware. American Association of Physics Teacher Journal. Vol. 85, No. 3, hh. 216-222.

Mulichah, Asy‟ary. 2006, Penerapan Pendekatan Sains-Teknologi-Masyarakat dalam Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar, Depdiknas, Jakarta.
Musik, Panjit. 2017. Development of Computer-Based Experiment Set on Simple Harmonic Motion of Mass on Springs. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, Vol. 16, Issue 4, hh.1-11.

Poedjiadi, Anna. (2010), Sains Teknologi Masyarakat, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Pratiwi dan Nurhidayati. 2016, Penerapan Sains Teknologi Masyarakat (STM) untuk Peningkatkan Kemampuan Pedagogik Guru dan Calon Guru PAUD Kec. Panjer Kab.Kebumen. Journal of Dedicators Community, Vol. 1, No. 1, hh. 82-93.

Rochayati dan Suprapto. 2017, Keefektifan Trainer Digital Berbasis Mikrokontroler Dengan Model Briefcase Dalam Pembelajaran Praktik Di SMK, Jurnal Kependidikan, Volume 44, Nomor 2,hh 127-139.

Risdanto. 2013, Pengembangan E-Learning Berbasis Web Menggunakan CMS (Content Manajemen System) Word press di SMAN 1 Magelang, UNY Press, Yogyakarta.

Warjana dan Razaq. 2008, Membuat Bahan Ajar Berbasis Web dengan Exe, Elex Media Komputindo, Jakarta.

Wijaya, C. A.dkk. 2017. Pengembangan MediaPembelajaran Pengendali Kecepatan dan Soft Starting Motor Listrik berbasis Arduio pada Mata Kuliah Penggunaan dan Pengaturan Motor. JUPITER (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), Vol. 2, No.2, hh. 15-20.
Published
2018-08-16
How to Cite
Pratiwi, U., & Sriyono, S. (2018). Implementasi Model STM (Sains Teknologi Masyarakat) “Two In One” Dalam Pelatihan Pembuatan Media Ajar Fisika Berbasis Arduino Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Fisika Di Kabupaten Purworejo. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 50-56. https://doi.org/10.31960/caradde.v1i1.19
Section
Articles