Pelatihan Teknologi Budidaya Dan Rancang Bangun Mesin Pembelah Pinang

  • Endang Sri Wahyuni Indonesia
  • Sunarto Sunarto Politeknik Negeri Bengkalis
Keywords: Pinang;, Rancang Bangun, Mesin Pembelah Pinang

Abstract

Tujuan dilaksanakannya Program Pengabdian kepada masyarakat adalah untuk membantu mengatasi permasalahan masyarakat di Desa Pambang Baru terutama Kelompok Tani Berkah dan Ibu – ibu PKK agar mampu meningkatkan efisiensi waktu pengolahan pinang. Jika waktu produksi semakin cepat, maka hasil yang didapatkan juga semakin cepat. Luaran yang diharapkan dari program pengabdian kepada masyarakat ini diantaranya adalah terbentuknya kelompok usaha bersama (KUBE) di Desa Pambang Baru dengan membentuk perkebunan budidaya pinang secara komersil. Tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan berupa pengadaan/pembuatan mesin pembelah pinang, pelatihan dan workshop budidaya pinang secara komersil. Hasil dari kegiatan pengabdian ini tercipta satu unit alat mesin pembelah pinang, pelatihan dan workshop budidaya dan pasca panen pinang dan pelatihan pengoperasian dan perawatan mesin pembelah pinang. Dengan adanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, pengetahuan masyarakat petani pinang bertambah dan alat pembelah yang diberikan bisa membantu mempercepat proses pembelahan pinang.

Author Biography

Sunarto Sunarto, Politeknik Negeri Bengkalis

Akuntansi Keuangan Publik

References

Anonim. 1985. Arecanut package of practice. Central Plantation Crops Research Institute. Kerala. India.

Meyanto, E., R.A. Susidarti, S. Handayani, dan F. Rahmi. 2008. Ekstrak etanolik biji buah pinang (Areca catechu L.) mampu menghambat proliferasi dan memacu apoptosis sel MCF-7. Majalah Farmasi Indonesia. 19 (1) : 12-19.

Novarianto H., dan Z. Mahmud. 1988. Pinang sebagai komoditi ekspor masa depan. Buletin Balitka No. 5&6. Mei-September.

Saleh, F. M. (2014). RE-DISAIN ALAT PEMBELAH BUAH PINANG BERBASIS ERGONOMI MAKRO MELALUI PENDEKATAN’SHIP’(Studi Kasus di Kecamatan Keritang–Inhil). Jurnal Teknik Industri Universitas Bung Hatta, 2(1).

ILHAM, NURYADIN (2017) Rancang Bangun Alat Pembelah Buah Pinang (Areca

catechu L.) Tipe Tang. Diploma thesis, Universitas Andalas

Rodika, R., Tuparjono, T., Otomo, B., & Febryani, R. A. (2018). Rancangan Mesin Pembelah Buah Pinang Dengan Dua Mata Potong. Manutech: Jurnal Teknologi Manufaktur, 10(02), 59-63.

Erizal, I. P., Yetri, Y., & Nusyirwan, N. (2018). Perencanaan Perawatan Mesin Pengupas Kulit Pinang. Jurnal Teknik Mesin, 11(1), 11-15.

Thamrin, M., Herman, S., & Hanafi, F. (2015). Pengaruh faktor sosial ekonomi terhadap pendapatan petani pinang. AGRIUM: Jurnal Ilmu Pertanian, 17(2).

Mustika, S., Fathurrahman, F., Mahfudz, M., & Saleh, M. S. (2010). Perkecambahan benih pinang pada berbagai cara penanganan benih dan cahaya. Agroland, 17(2).

Published
2019-08-14
How to Cite
Wahyuni, E., & Sunarto, S. (2019). Pelatihan Teknologi Budidaya Dan Rancang Bangun Mesin Pembelah Pinang. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 91-95. https://doi.org/10.31960/caradde.v2i1.260
Section
Articles