Peningkatan Kualitas Produksi melalui Transformasi Kemasan Produk Pada Usaha Pembuatan Jamu Kunyit

Keywords: UMKM, Desa Kunyi, Jamu, Kunyit, Transformasi Produk

Abstract

Potensi Desa Kunyi sebagai daerah yang ditumbuhi tanaman Kunyit (Curcuma longa Linn. syn. Curcuma domestica Val.) yang melimpah justru menjadi permasalahan bagi petani perkebunan. Di sebagian besar di daerah pegunungan yang dominan di desa Kunyi, hampir semua ditumbuhi dengan umbi Kunyit, bahkan menurut hasil wawancara dan observasi, Umbi Kunyit ini justru menjadi pengganggu di lahan perkebunan. Kegiatan pengabdian yang dilakukan bertujuan untuk membina kelompok KWT Melati mengolah bahan Kunyit menjadi Jamu Kunyit dengan kemasan dan manajemen usaha yang standar. Permasalahan kegiatan usaha yang ditemukan adalah bentuk produk dalam bentuk cair dan hanya bertahan satu pekan. Untuk itu melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM), tahapan awal yang dilakukan berupa kegiatan pendampingan desain dan pembuatan kemasan dan label produk yang awalnya berupa cair dan dikemas pada botol bekas menjadi kemasan yang lebih modern dan menarik. Selain itu manajemen usaha melalui pendekatan pendampingan perencanaan bisnis juga dilakukan. Hasil kegiatan pendampingan program yang dilakukan didapatkan hasil konversi produk cair menjadi bubuk dan dikemas menggunanakan kemasan produk dengan kemasan dan label yang lebih menarik dan tahan lama. Selain itu hasil kegiatan didapatkan dokumen perencanaan bisnis yang disertai analisis keuangan kelompok.

References

Basri, B., & Qashlim, A. (2018). Pemberdayaan UMKM Desa Kunyi Melalui Potensi Umbi Gadung dengan Pendekatan Promosi berbasis Teknologi. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 44–49.

Bora, M. A., & Bayu, A. (2018). Pengembangan Kemasan Produk Khansa Pizza Untuk Meningkatkan Penjualan Dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD).

BPS. (2016). Badan Pusat Statistik Kabupaten Polewali Mandar. Retrieved July 13, 2018, from https://polewalimandarkab.bps.go.id/publication/2017/12/20/0f0fb86bac110cab15c2cfcf/sensus-ekonomi-2016-analisis-hasil-listing-potensi-ekonomi-kabupaten-polewali-mandar-.html

Hidayah, R. (2016). Pengaruh Kemasan terhadap Minat Beli Konsumen (Studi pada Produk Sabun Cair LUX di Purworejo. Manajemen-Fakultas Ekonomi.

Mandloi, L. S., Patel, D., Verma, R., Patidar, I., Ramsing, S., Bautze, D., … Bhullar, G. S. (2014). Participatory Technology Development (PTD) Trials in India.

Pramudita, S. (2013). PENGARUH SIKAP KONSUMEN PADA KOMPONEN IKON VISUAL MEREK TERHADAP MINAT BELI (Studi Eksplanatif Kuantitatif Mengenai Pengaruh Sikap Konsumen pada Komponen Ikon Visual Merek J. CO Donuts & Coffee terhadap Minat Beli Produk pada Pengunjung Gerai J. CO Donuts. UAJY.

Pribadi, E. R. (2015). Pasokan dan permintaan tanaman obat Indonesia serta arah penelitian dan pengembangannya. Perspektif, 8(1), 52–64.

Sari, T. A. (2019). Perencanaan Bisnis Katering Bayi Dan Anak Maestro di Kota Semarang. PRAXIS, 1(2), 151–163.

Triyono, A. (2014). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Community Development Program Posdaya (Pos Pemberdayaan Keluarga) Pt. Holcim Indonesia Tbk Pabrik Cilacap.

Wibowo, E. A. (2016). Pemanfaatan Teknologi E-Commerce Dalam Proses Bisnis. EQUILIBIRIA, 1(1).

Zakaria, Z. (2018). MODIFIKASI KONSEP PARTICIPATORY RURAL APRAISAL UNTUK PEMBEKALAN KULIAH KERJA NYATA MAHASISWA DI JAWA BARAT, INDONESIA. Dharmakarya, 7(1).

Published
2019-09-02
How to Cite
Basri, B., & Assidiq, M. (2019). Peningkatan Kualitas Produksi melalui Transformasi Kemasan Produk Pada Usaha Pembuatan Jamu Kunyit. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.31960/caradde.v2i1.264
Section
Articles