Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Literasi Kelas Awal bagi Guru SD

  • Ali Mustadi Universitas Negeri Yogyakarta
  • Muhammad Nur Wangid Universitas Negeri Yogyakarta
  • Enny Zubaidah Universitas Negeri Yogyakarta
  • Mohammad Farizqo Irvan Universitas Negeri Yogyakarta
Keywords: Guru SD, Media Pembelajaran, Literasi Kelas Awal

Abstract

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam memproduski media pembelajaran literasi untuk SD kelas awal (I, II, dan III). Pelatihan dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama adalah pengkajian dasar teori pengembangan media. Tahap ini berisi diskusi tentang pilihan media, alasan pemilihan media tertentu, kelebihan dan kekurangan media, landasan pengembangan media, dan cara pembuatan media. Sedangkan tahap kedua ialah pembuatan dan persentasi media oleh peserta. Tahap ini berisi proses pembuatan media oleh partisipan, kemudian presentasi produk media. Termasuk di dalam persentasi adalah contoh penggunaan media, alasan pembuatan media tersebut, dan kelengkapan media (pedoman, hak cipta, muatan materi, dan sebagainya). Hasil pelatihan ini menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan partisipan dalam membuat media pembelajaran literasi kelas awal. Pengetahuan mengenai media pembelajaran, menurut hasil analisis data pre test dan post test, meningkat sebesar 20,33%. Hasil unjuk kerja juga menunjukkan adanya peningkatan keterampilan dalam pembuatan dan pemanfaatan media literasi untuk kelas awal. Hasil analisis data wawancara juga mengungkapkan bahwa kebutuhan media pembelajaran literasi menjadi mudah terpenuhi karena partipisan kini mempunyai referensi media pembelajaran literasi yang lebih memadai.

Author Biographies

Muhammad Nur Wangid, Universitas Negeri Yogyakarta

Pendidikan Dasar

Enny Zubaidah, Universitas Negeri Yogyakarta

Pendidikan Dasar

References

Arsyad, A. (2016). Media pembelajaran. Jakarta: Grafindo Persada.

Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No.22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Heinich, R., Molenda, M., Russel, J. D., & Smaldino, S. E. (2002). Instructional Media and Technology for Learning (7th ed.). New Jersey: Pearson Education.

Latuheru, J. D. (1993). Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar Kini. Ujung Pandang: IKIP Ujung Pandang.

Mulyati, Y. (2008). Pembelajaran Membaca Menulis Permulaan. Bandung: UPI.

Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi.

OECD. (2017). PISA 2015 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematic, Financial Literacy and Collaborative Problem Solving. Paris: OECD Publishing. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1787/9789264281820-en

Rohmadi, M., & Nugraheni, A. S. (2011). Belajar Bahasa Indonesia: Upaya Terampil Berbicara dan Menulis Karya Ilmiah. Surakarta: Cakrawala Media.

Sumardi. (2016). Pengembangan Profesionalisme Guru MGMP Berbasis Model dan Implementasinya Untuk Meningkatkan Kinerja Guru. Yogyakarta: Deepublish.

Susilana, R., & Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran (Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian). Bandung: CV Wacana Prima.

Published
2019-12-29
How to Cite
Mustadi, A., Wangid, M., Zubaidah, E., & Irvan, M. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Literasi Kelas Awal bagi Guru SD. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.31960/caradde.v2i2.330
Section
Article in Press