Pengabdian Kepada Masyarakat: Sinergitas Universitas dan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD)

  • Bahtiar Effendi Universitas Matana
Keywords: Pengabdian Masyarakat, TMMD, Koperasi, Sinergitas, Membangun Desa

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa/i terkait Koperasi, dan untuk menumbuhkan kesiapan serta motivasi siswa/i menerapkan Koperasi di kegiatan unit sekolah. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan dalam beberapa tahap. Tahap pertama adalah perencanaan melalui observasi dan wawancara pendahuluan. Tahap kedua adalah pelaksanaan kegiatan berupa edukasi tentang koperasi dengan memaparkan materi, praktik penyusunan laporan Sisa Hasil Usaha (SHU) dan diskusi. Tahap ketiga adalah monitoring yang bertujuan untuk menampung permasalahan yang terjadi dan merumuskan solusi yang terbaik serta memantau perkembangan siswa/i dalam implementasi materi Koperasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif melalui wawancara dan survey langsung. Melalui post test yang dilakukan, ditemukan hasil sebanyak 87% siswa/i mampu dan mengerti menyelesaikan soal latihan terkait konsep dasar Koperasi secara “baik” dan 13% siswa/i mampu dan mengerti menyelesaikan soal latihan terkait konsep dasar Koperasi secara “cukup”. Selain itu, ada peningkatan kepercayaan diri siswa/i untuk mengembangkan Koperasi dalam kegiatan ekstrakurikuler sekolah. Informasi ini didapatkan dari hasil monitoring pasca pelatihan yang telah dilakukan.

References

Afsari, Nining. (2013). Upaya Meningkatkan Partisipasi Berkoperasi Sekolah Melalui Pelatihan Bagi Siswa Kelas XI SMK Wikarya Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013 (Studi Pada Koperasi Sekolah SMK Wikarya Karanganyar), Naskah Publikasi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Arifin, S., Halomoan, T., (2001), Koperasi : Teori dan Praktik, Jakarta : Erlangga.

Effendi, B. (2018). Penguatan Kemampuan Bendahara dan Guru SD Melalui Pembelajaran Akuntansi Dasar di SDN Mekarwangi, Ds. Mekarwangi, Kec. Cisauk, Tangerang-Banten, Jurnal Terapan Abdimas, (Online), Jilid 3, No.2, hlm. 188-191.

Effendi, B. (2018). Accounting Assistance for Treasurers and Teachers for Improvement and Strengthening of Mekarwangi Elementary School, Cisauk, Tangerang [Peningkatan dan Penguatan SDN Mekarwangi, Cisauk, Tangerang Dalam Bentuk Pendampingan Akuntansi Untuk Bendahara dan Pengajar], Proceeding of Community Development, (Online), Jilid 2, hlm. 225-233.

Effendi, B. (2018). Penguatan Pemahaman Siswa Kelas XII AK Melalui Bimbingan dan Pelatihan Akuntansi dan Pajak di SMK Dharma Widya, Desa/ Kecamatan Neglasari, Tangerang-Banten, International Journal of Community Service Learning, (Online), Jilid 2, No. 4, hlm. 302-308.

Effendi, B. (2019). Peningkatan Kesadaran Pelajar dengan Edukasi Konservasi Lingkungan Hidup di Sekolah Menengah Kejuruan Kesehatan Kharisma, Jurnal Pemberdayaan Masyarakat: Media Pemikiran dan Dakwah Pembangunan, (Online), Jilid 3, No.2. https://doi.org/10.14421/jpm.2019.032-04

Effendi, B. (2020). Edukasi dan Pendampingan Akuntansi Kader Posyandu Rambutan dan Posyandu Nusa Indah Desa Mekarwangi, Kabupaten Tangerang, Amalee: Indonesian Journal of Community Research & Engagement, (Online), Jilid 1, No.1.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tentang Rekapitulasi Data Pokok Pendidikan Nasional, (http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id, diakses 05 Januari 2020).

Mathis, R.L. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia, Salemba: Jakarta.

Nur, M.A., Sadiki, A. dan Saepudin, A. (2015). Upaya Edukatif Pada Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat (Studi Deskriptif Dalam Pembangunan Jalan Di Desa Sukamaju Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung), Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, (Online), Jilid 11, No. 2.

Subianto, Jito. (2013). Peran Keluarga, Sekolah dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas, Edukasia: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Islam, Jilid 8, No. 2.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 tahun 2012 tentang Perguruan Tinggi.

Published
2020-01-19
How to Cite
Effendi, B. (2020). Pengabdian Kepada Masyarakat: Sinergitas Universitas dan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD). CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 215-223. https://doi.org/10.31960/caradde.v2i2.369
Section
Articles