Pengembangan Futsal Sport Training di Kelurahan Takkalala Kecamatan Wara Selatan Kota Palopo Provinsi Sulsel

  • Firmansyah Dahlan STKIP Muhammadiyah Palopo
  • Nur Saqinah Galugu STKIP Muhammadiyah Palopo
Keywords: Futsal, Sport Training

Abstract

Tujuan dilaksanakannya program: (1) sebagai peningkatan peran serta masyarakat khususnya akademisi dibidang pendidikan jasmani dan olahraga yang bergelut dalam pengembangan olahraga Futsal agar memiliki tambahan dari segi finansial; (2) meningkatkan peran serta permerhati dan pecinta olahraga Futsal agar raihan prestasi Asosiasi Futsal Kota Palopo meningkat, dimana animo masyarakat terkait olahraga Futsal sangat tinggi namun raihan prestasi di tingkat Provinsi Sulawesi Selatan sangat minim. Program ini melibatkan 2 mitra: Mandiri Futsal Akademy (mitra 1) dan Kompleks dan Gedung Olahraga Sinar Setuju (mitra 2). Permasalahan mitra 1, Pemasaran, publikasi kurang menarik/komunikatif, tenaga pelatih yang belum berlisensi dan membutuhkan sentuhan teknologi dibidang olahraga Futsal. Mitra 2 merupakan kompleks olahraga terkemuka di Kota Palopo, dengan kapasitas 2 lapangan Futsal dan 2 lapangan Bulutangkis indoor. Namun masih membutuhkan perbaikan dibidang Manajemen keuangan, administrasi, dan Pelayanan. Pelaksanaan program dikemas dalam 3 (tiga) tahapan yakni: alur pelaksanaan program PKM ini dimulai dari, 1) Tahap persiapan, 2) tahap pelaksanaan, dan 3) tahap monitoring dan evaluasi.

References

Azwar & Subekan, A. (2016). Analisis Determinasi Kemiskinan Di Sulawesi Selatan. Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Indonesia.

Ay Ling. (2013). Pengelolaan Dan Pengembangan Usaha Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi Deskriptif Pada Rumah Makan Palem Asri Surabaya). Jurnal Agora. Vol. 1, No. 1.

Basrowi. (2014). Pengantar Sosiologi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Bismala, L. (2016). Model Manajemen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Meningkatkan Efektivitas Usaha Kecil Menengah. Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship. Volume 5, Nomor 1.

Ditbinlitabmas. (2017). Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Di Perguruan Tinggi. Jakarta: RISTEKDIKTI.

Koentjaraningrat. (2002). Metode-metode Penelitian Maysarakat. Jakarta Gramedia PustakaUtama.

Munaf, D. R., Suseno, T., Janu, R. I., & Badar, A. M. (2008). Peran Teknologi Tepat Guna Untuk Masyarakat Daerah Perbatasan (Kasus Propinsi Kepulauan Riau). Jurnal Sosioteknologi. Edisi 13 Tahun 7.

Rajaratenam, S. G., Martini, R. D., & Lipoeto, N. I. (2014). Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Sikap dengan Tindakan Pencegahan Osteoporosis pada Wanita Usila di Kelurahan Jati. Jurnal Kesehatan Andalas. Volume 3 (2).

Sudarto (2016). Keterampilan Dan Nilai Sebagai Materi Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Jurnal Al Lubab, Volume 1, No. 1.

Susanto, E., Rochaida, E. & Ulfa, Y. 2017. Pengaruh inflasi dan pendidikan terhadap pengangguran dan kemiskinan. Journal.feb.unmul.ac.id. Volume 13 (1).

Published
2019-06-11
How to Cite
Dahlan, F., & Galugu, N. S. (2019). Pengembangan Futsal Sport Training di Kelurahan Takkalala Kecamatan Wara Selatan Kota Palopo Provinsi Sulsel. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.31960/caradde.v2i1.70
Section
Article in Press