Kegiatan Penyuluhan Tentang Diabetes Militus di Kelurahan Barombong Kota Makassar

  • suprapto suprapto AKPER Sandi Karsa
Keywords: Pengetahuan, Konseling, Diabetes Militus

Abstract

Penduduk usia produktif yaitu umur 45-65 tahun, di mana umur tersebut seseorang banyak melakukan aktivitas sebagai penggerak roda perekonomian keluarga. Peningkatan pengetahuan dan ketrampilan warga khususnya usia produktif sangat penting dalam menunjang keberhasilan upaya peningkatan kualitas kesehatan warga masyarakat. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang penyakit Diabetes Militus, meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang penatalaksanaan Diabetes Militus secara nonfarmakologi atau perubahan gaya hidup, serta penggunaan obat Diabetes Militus yang rasional, meningkatkan pengetahuan pola makan /life stilemasyarakat untuk menurunkanresiko terkena/pencegahan dan pengobatan penyakiti Diabetes Militus. Metode kegiatan ini adalah dengan konseling, ceramah, dan diskusi tentang penyakit diabetes mellitus. Hasil Kegiatan ini adalah masyarakat mulai memahami tentang penyakit Diabetes Militus, penyebabnya, serta penatalaksanaan secara nonfarmakologi melalui perubahan gaya hidup, pengetahuan masyarakat untuk melakukan pola hidup sehat, pola makan/life stile yang dapat dilakukan sendiri di rumah secara sederhana untuk dapat dilaksanakan sebagai salah satu pencegahan dan menjaga kadar gula darah

References

Anani, S. (2012). Hubungan Antara Perilaku Pengendalian Diabetes dan Kadar Glukosa. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 466-478.

Indah Fahmiyah, I Nyoman Latra. (2016). Faktor yang Memengaruhi Kadar Gula Darah Puasa Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 di Poli Diabetes RSUD Dr. Soetomo Surabaya. JURNAL SAINS DAN SENI ITS, 2337-3520.

Isniati. (2007, September). Hubungan Tingkat Pengetahuan Penderita Diabetes Militus Dengan Keterkendalian Gula Darah Di Poliklinik Rs Perjan Dr. M. Djamil Padang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 1(2), 2.

Janitra, F. E. (2018). Hubungan Kontrol Glukosa Darah Dengan Penurunan Vaskularisasi Perifer Pada Pasien Diabetes Mellitus. Jurnal Keperawatan dan Pemikiran Ilmiah, 18-22.

Kemenkes. (2015). Prevalensi Penyakit Diabetes Militus. Jakarta: Kemenkes.

Nanang Muhibuddin dkk. (2016). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Keluarga dengan Terkendalinya Kadar Gula Darah pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2. JSK, 1-7.

Nurul Alfiani dkk. (2017). Hubungan Pengetahuan Diabetes Melitus Dengan Aya Hidup Pasien Diabetes Melitus Di Rumah Sakit Tingkat II dr. SOEPRAOEN MALANG . Nursing News, 390-402.

Rahmawati Umar dkk. (2017). Hubungan Stres Dengan Citra Tubuh Pada Penderita Diabetes Melitus Tipe Ii Di Rumah Sakit Pancaran Kasih Gmim Manado. e-journal Keperawatan (e-Kp), 335-445.

Susanti dkk. (2018). Hubungan Pola Makan Dengan Kadar Gula Darah Pada Penderita Diabetes Mellitus. Jurnal Kesehatan Vokasional, 29-34.

Waspadji, Sarwono dkk. (2009). Pedoman Diet Diabetes Militus. Jakarta : FKUI.

Published
2019-01-25
How to Cite
suprapto, suprapto. (2019). Kegiatan Penyuluhan Tentang Diabetes Militus di Kelurahan Barombong Kota Makassar. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 200-204. https://doi.org/10.31960/caradde.v1i2.71
Section
Articles