Implementasi Program Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Penyelenggaraan Inklusi Jenjang Menengah Atas

https://doi.org/10.26858/dikdasmen.v4i1.2378

Authors

  • Suci Insyirah. R.S Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Bimbingan dan Konseling, Deskriptif Kualitatif, Studi Pustaka

Abstract

Program layanan bimbingan dan konseling di sekolah penyelenggara  inklusi  diharapkan  dapat dilakukan  menyeluruh  kepada siswa berkebutuhan khusus dan siswa reguler. Dalam program layanan bimbingan dan konseling, siswa regular dan anak berkebutuhan khusus dibantu  untuk mengembangkan keterampilan  dasar untuk kehidupan. Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk mengetahui  pelaksanaan  program layanan bimbingan dan konseling di sekolah penyelenggara inklusi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif. Sumber data diperoleh dari sumber data primer dan sumber data sekunder.  Teknik pengumpulan  data yaitu  melalui  studi pustaka,  wawancara dan  dokumentasi.  Pengambilan  sampel  bersifat purposive sampling. Hasil penelitian analisis data deskriptif kuantitatif dan analisis   data  deskriptif   kualitatif   menunjukkan   bahwa  perencanaan program  bimbingan  dan konseling  di  sekolah  inklusi  dalam  kategori kurang baik, penyusunan program bimbingan dan konseling di sekolah inklusi  dalam  kategori  kurang baik,  implementasi  program bimbingan dan konseling di sekolah inklusi dalam kategori buruk, evaluasi program bimbingan   dan  konseling   di   sekolah   inklusi   dalam   kategori   buruk. Simpulan dari penelitian ini bahwa pelaksanaan program bimbingan dan konseling di sekolah penyelenggara inklusi belum berjalan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andini, D. W., Rahayu, A., & Budiningsih, C. A. (2020). No TitlePengembangan kurikulum dan implementasi pendidikan inklusi di sekolah dasar. PT. Kanisius.

Danugroho, A. (2022). No TitlePendidikan dalam kacamata ketahanan nasional. Jejak Pustaka, 1(1).

Hidayat, T., Gutji, N., & Sekonda, F. A. (2022). No TitleUpaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Di, Menangani Masalah Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu dan Tunawicara SMKN 4 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(1).

Madum, M. (2021). No TitleManajemen Bimbingan dan Konseling SMK Ma’arif NU 1 Bener. Jurnal Studi Islam, 8(2), 220–228.

Marhamah, U. (2021). No TitleIndigenous Konseling: Pemikiran Ki Ageng Suryomentaram dalam Kawruh Jiwa. Bening Media Publisher.

Mutia, S. (2021). No TitlePelaksanaan Program Layanan Bimbingan Dan Konseling Disekolah. Intelektualita, 7(1).

Noviyanti, N. D. (2015). No TitleImplementasi Program Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri dan Bimbingan, SMP Swasta di Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk. Journal Mahasiswa, 1(1), 44–49.

Pramithasari, A. (2013). No TitlePenerapan Konseling Kelompok Realita untuk Menangani Kecanduan Game Online pada Siswa. Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling. Jurnal Pendidikan, 1(1), 239–255.

Sa’idah, I., & Annajih, M. Z. H. (2024). No TitleKonsep Dasar Bimbingan & Konseling. Jurnal Pendidikan.

Zulkarnain, W. (2022). No TitleManajemen layanan khusus di sekolah. Bumi Aksara.

Published

2024-07-10

Issue

Section

Articles