Penerapan Teknik WDEP: Solusi Mengatasi Motivasi Belajar Rendah Siswa

https://doi.org/10.26858/dikdasmen.v4i1.2382

Authors

  • Ummulia Ainun Rauf Universitas Negeri Makassar

Keywords:

WDEP (Wants, Doing, Evaluation, Planning), Motivasi belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki efektivitas penerapan teknik Wants, Doing, Evaluation, dan Planning (WDEP) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK) dengan dua siklus intervensi. Peserta penelitian adalah siswa yang mengalami rendahnya motivasi belajar di sebuah sekolah menengah. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan proses analisis siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik WDEP secara signifikan meningkatkan motivasi belajar siswa. Siklus pertama intervensi menunjukkan peningkatan kesadaran siswa akan keinginan belajar mereka, kemampuan evaluatif, dan perencanaan yang lebih terstruktur. Siklus kedua menunjukkan peningkatan yang lebih besar dalam motivasi belajar, dengan peningkatan yang signifikan dalam nilai akademik siswa. Temuan ini memberikan pemberdayaan praktis bagi praktisi bimbingan dan konseling serta pendidik untuk mengintegrasikan teknik WDEP dalam praktik mereka guna meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian lanjutan diperlukan untuk mengeksplorasi dampak jangka panjang dari penerapan teknik ini serta untuk mengadaptasi pendekatan ini agar sesuai dengan kebutuhan siswa yang beragam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Izzah, Safira Nurul. Efektifitas Pembelajaran Dengan Metode Online Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 Dalam Pembelajaran Genomik Dasar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin= The Effectiveness Of Learning With Online Learning Methods During The Covid-19 Pandemic In Basic Genomics Learning For Students Of The Faculty Of Medicine Hasanuddin University. Diss. Universitas Hasanuddin, 2022.

Kartika, K. (2018). Pengaruh Konseling Kelompok Model Konseling Realitas Terhadap Minat Belajar Siswa MTsN 3 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan).

Khabib, F. L. (2019). Efektivitas Konseling Kelompok Menggunakan Pendekatan Realita Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).

Kurniati, A., & Supriyatna, A. (2022). Efektivitas Konseling Kelompok Realitas Teknik Want, Direction, Evaluation dan Plant (WDEP) untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Menyelesaikan Skripsi. Jurnal Basicedu, 6(2), 1938-1946.

Miftahul, Janah. Penerapan Konseling Realitas Terhadap Kepercayaan Diri Peserta Didik Di Smk Negeri 1 Kotabumi Lampung Utara Tahun Pelajaran 2021/2022. Diss. Uin Raden Intan Lampung, 2022.

Rahman, S. (2022, January). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Ramadan, M. R. M., & Yushita, A. N. (2022). Pengaruh stres akademik, fasilitas belajar, dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar daring mahasiswa. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 20(1), 52-66.

Solichah, N. (2020). Konseling Pendekatan Terapi Realitas untuk Mengatasi Prokrastinasi Akademik. Jurnal Penelitian Psikologi, 11(1), 8-15.

Sukardi, H. M. (2022). Metode penelitian pendidikan tindakan kelas: implementasi dan pengembangannya. Bumi Aksara.

Published

2024-07-10

Issue

Section

Articles