Konseling Individu Teknik Assertive Training pada Siswa Korban Bullying

https://doi.org/10.26858/dikdasmen.v4i1.2384

Authors

  • Andi Magfirah Samad Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Perundungan, Konseling Individual, Latihan Asertif

Abstract

Pada fenomena bullying, terdapat korban yang akan menjadi subjek bullying karena kemampuan tidak dapat melawan perundungan yang diterima. Untuk itu, pemberian layanan konseling individual bagi korban dapat diberikan agar tegas lagi dalam menghadapi penindasan atau segala macam bentuk bullying. Teknik konseling yang dapat digunakan ialah assertive training dimana siswa diajarkan untuk bersikap asertif atau dengan kata lain bersikap tegas mempertahankan haknya tanpa melukai orang lain. Hasil yang diharapkan yakni korban bullying konseli menyatakan dengan tegas apabila suatu hal tidak sejalan dengan keinginannya tanpa menyinggung pihak manapun. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu literature review dengan melihat artikel, jurnal, dan buku yang relevan dengan topik. Hasil penelitian, konseling individual teknik assertive training yaitu definisi, hasil dan juga tahapan pelaksanaan konseling assertive training.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, A. C. 2022. Fenomena Bullying Siswa dan Upaya Penanganannya (Studi Kasus Siswa SMP Negeri 1 Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar).

Andini, N. K. A. S. (2019). Pengaruh Konseling Kelompok Model Spicc Dengan Teknik Bermain Peran Terhadap Peningkatan Perilaku Asertif Korban Bullying. Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia, 3(1), 27-36.

Anggito, A. Dan Setiawan, J. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Bayan, M., & Khusnul, A. (2021). Pengaruh Konseling Individual Dan Teknik Kursi Kosong Terhadap Penanggulangan Problem Psikologis Siswa Penghafal Nadhom Alfiyyah Siswa Kelas X dan XI MA NU TBS Kudus (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).

Larasati, A. A. (2021). Konseling Individu Dengan Teknik Cognitive Restructuring Untuk Mengatasi Inferiority Feelings Pada Mahasiswa Psikologi UIN Sunan Ampel Surabaya. Surabaya: Program Studi Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Fatchurahman, M. (2017). Problematik Pelaksanaan Konseling Individual. Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman, 3(2), 25-30.

Fatmawati, D. S dan Pratiwi, T. I.2020. Penerapan Konseling Kelompok Teknik Asertif Pada Siswa Korban Bullying di SMPN 34 Surabaya. Vol. (11): (476-483).

Mahwati, Y. 2023. Menulis Kajian Literatur Naratif. Sleman: Deepublish Digital

Ni’matuzzahroh dan Prasetyaningrum, S. 2018. Observasi Teori dan Aplikasi Dalam Psikologi. Malang: UMM Press.

Ramadhani, N., Saman, A., & Buchori, S. (2024). Application of Assertive Training Techniques to Increase the Assertiveness of Students Victims of Bullying at Madrasah Tsanawiyah in Makassar City. Pinisi Journal of Art, Humanity, and Social Studies, 4(2), 277-301.

Rohmah, S. Z. (2022). Penerapan Teknik Assertive Training Melalui Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Korban Bullying Siswa MTs Al-Ma’arif Plandirejo (Doctoral dissertation, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri).

Rosaliza, M. 2015. Wawancara Sebuah Interaksi Komunikasi Dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Ilmu Budaya. Vol (11): (71-79).

Saleh, S. 2017. Analisis Data Kualitatif. Bandung: Pustaka Ramadhan.

Sapitri, W. A. 2020. Cegah dan Stop Bullying Sejak Dini. Semarang: Guepedia.

Simanjuntak, J. Y. 2021. Pengaruh Konseling Individual Teknik Assertive Training Terhadap Perilaku Asertif dalam Berpacaran Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Tanah Jawa T.A 2020/2021. Jurnal Psikologi Konseling, 18 (1),853-860.

Suryani, O. E. (2022). Hubungan Perilaku Asertif Dengan Bullying Pada Siswa Korban Bullying Di SMPN 16 Pekanbaru. Skripsi tidak di terbitkan, Fakultas Psikologi Universita Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Sutopo, A. H. 2021. Literature Review Using NVivo. Banten: Topazart

Umar, N. F. 2020. E-Modul Konseling Behavioral. Makassar: Universitas Negeri Makassar

Yunalia, E. M., & Etika, A. N. N. (2020). Analisis Perilaku Agresif Pada Remaja Di Sekolah Menengah Pertama. JHeS (Journal of Health Studies), 4(1), 38-45.

Wardah, A., & Farial, F. (2019). Pelatihan Asertivitas Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Peserta Didik SMP Korban Bullying. Jurnal Pengabdian Siliwangi, 5(1).

Kusuma, P. J dan Partini. 2017. Pelatihan Asertif Untuk Siswa Korban Bullying. Prosiding SEMNAS Penguatan Individu di Era Revolusi Informasi.

Published

2024-07-10

Issue

Section

Articles