Konseling Individual Teknik Kursi Kosong terhadap Kepercayaan Diri Siswa Korban Bullying

https://doi.org/10.26858/dikdasmen.v4i1.2387

Authors

  • Minhad Rahmaniyah Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Teknik kursi kosong, Kepercayaan diri, Korban Bullying

Abstract

Bullying menjadi fenomena yang marak terjadi di kalangan remaja khususnya di lingkungan sekolah. Tindakan berlebihan yang dilakukan berulang kali secara sadar oleh seseorang yang lebih kuat terhadap seseorang yang lebih lemah secara psikis dan fisik. Dampak tindakan bullying terhadap korban bisa sangat serius dan jangka panjang, salah satunya penurunan kepercayaan diri. Korban bullying sering kali merasa tidak berharga, tidak disukai, dan tidak bersemangat. Hal ini dapat menyebabkan mereka menarik diri dari interaksi sosial, merasa malu dan cemas yang berlebihan, serta memiliki citra diri yang negatif. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji dan mengetahui pentingnya konseling individual teknik kursi kosong dapat membantu siswa mengembalikkan kepercayaan dirinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan literatur review (kajian literatur). Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling individual teknik kursi kosong terhadap siswa korban bullying dapat meluapkan semua emosi yang terpendam dan mengatakan apa yang seharusnya ia katakan dan memberikan kepuasan tersendiri serta menimbulkan rasa percaya diri sendiri bagi korban bullying.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abraham, I. & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8 (3), 2476-2482.

Afifah, A. N. N., Rahardjo, S., & Mahardika, N. (2021). Konseling Gestalt dengan Tekniik Kursi Kosong Untuk Meningkatkan Self Esteem Pada Siswa. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 4 (1), 123-129.

Aini, Nur. (2022). Efektivitas Layanan Konseling Individu Menghadapi Anak Broken Home di SMA Negeri 1 Tebing Tinggi. Jurnal Ikata Alumni Bimbingan dan Konseling Islam (IKABI), 4 (2).

Arifin, A A., Ummah, D M. & Puspita, R. (2023). Penerapan Teknik Kursi Kosong Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa MAN 1 Kota Ternate. Jurnal Konseling Gusjigang, 9 (1), 45-55.

Busyra, N. Z. & Pulungan, W. (2018). Penerapan Konseling Direktif Untuk Meningktkan Kepercayaan Diri Pada Korban Bullying di SDN Kenari Jakarta. Jurnal Ilmiah Psikologi, 9 (2), 100-109.

Dhiya, F. A. (2023). Implementasi Konseling Teknik Kursi Kosong Terhadap Kepercayaan Diri Korban Bullying SMA X Bandar Lampung. Skripsi. Lampung: UIN Raden Intan Lampung.

Habsy, Bakhruddin All, et al. (2024). Penerapan Teknik Kursi Kosong dalam Konseling Gestalt untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Konseloran Guru Indonesia, 4 (3), 1715-1735.

Haslan, M. M., Dahlan., & Yuliatin. (2020). Perilaku Perundungan (Bullying) dan Dampaknya Bagi Anak Usia Sekolah (Studi Kasus Pada Siswa SMP Negeri Se-Kecamatan Kediri Lombok Barat). Jurnal Pendidikan Sosial dan Keberagaman, 7 (2), 160-174

Humaira., Aldina, F., & Aini, Z. (2022). Efektivitas Konseling Individual dengan Teknik Kursi Kosong Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Psiko Edukasi, 20 (1), 1-10.

Lota, S G. (2020). Efektifitas Layanan Konseling Individual Dalam Membantu Mengatasi Perilaku Membolos Siswa Kelas IX SMPN 22 Kota Jambi. Jurnal of Islamic Guidance and Counseling. 4 (2), 89-101.

Mutiasari, H. & Yarni, L. (2023). Fenomena Bullying dalam Kalangan Siswa di SMP Negeri 1 Tara. Jurnal Kajian Konseloran dan Kebudayaan (JKPPK), 1 (1), 72-86.

Nandari, Ignathia. (2019). Efektivitas Layanan Konseling Individu dengan Teknik Kursi Kosong Topdog versus Underdog Untuk Meningkatkan Percaya Diri Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 22 Bandar. Skripsi. Lampung: UIN Raden Intan Lampung.

Ningrum, E. K., et al. 2023. Layanan Konseling Individual Bagi Korban Bullying. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling. Universitas PGRI Semarang.

Putra, B N P., et. al. (2021). Efektifitas Teknik Kursi Kosong Untuk Meningkatkan Percaya Diri Remaja Putri dalam Permasalahan Body Image. Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Islam, 2 (1), 38-42.

Sari, D. I., Wahyudi, A., & Kurniawan, S. J. (2022) Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Resieliensi Diri Siswa Korban Bullying. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6 (1), 135-145.

Sumarni. (2020). Penerapan Teknik Empty Chair untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa di SMA Negeri 2 Bantaeng. Skripsi. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Ursula, P. A. (2021). Meningkatkan Rasa Empati Siswa dengan Layanan Konseling Individual. Jurnal Bimbingan dan Konseling Borneo, 3 (2), 31-43.

Published

2024-07-10

Issue

Section

Articles