Main Article Content

Abstract

Visum et repertum sebagi salah satu alat bukti yang syah di pengadilan yang berperan dalam proses pembuktian suatu perkara, sehingga tindak pidana yang terjadi semakin jelas maka visum et repertum yang dibuat berdasarkan hasil pemeriksaan dokter harus berkualitas baik .dengan demikian fungsi dan peran visum et repertum itu sendiri terpenuhi, namun berdasarkan beberapa penelitian terhadap visum et repertum kualitasnya belum baik. Upaya untuk merealisasikan visum et repertum yang berkualitas baik menurut hemat kami perlu dilakukan penyuluhan terkait dengan bentuk visum et repertum yang baik bagi tenaga medis yang langsung membuat visum et repertum itu sendiri. Kelompok yang menjadi target sasaran penyuluhan adalah dokter-dokter umum yang bekerja di PUSKESMAS Sibolangit Kabupaten Deli Serdang untuk meningkatkan pemahaman dalam membuat visum et repertum yang berkualitas baik. Metode pelaksanaan kegiatan dengan metode ceramah dan tanya jawab, lalu akan dilakukan evaluasi keberhasilan dengan pre test sebelum penyuluhan dan post tes setelah penyuluhan.

Keywords

Penyuluhan Kesehatan Bidang Forensik Visum et Repertum

Article Details

How to Cite
Asan Petrus, Erwin Sembiring, Oktaviana Malau, Rakmatsyah, Adriyan Rival, & Hendra Aprialdi. (2020). Penyuluhan Kesehatan Bidang Forensik dengan Topik Visum et Repertum di Puskesmas Sibolangit. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 12-15. https://doi.org/10.31960/caradde.v3i1.390

References

    Amir A, : Kapita Selekta Kedokteran Forensik, FK–USU, Medan;1995:pp.57-62.
    Chadha P.V, : Ilmu Forensik dan Toksikologi , Alih bahasa Johan Hutauruk, Widya Medika, Jakarta;1975:pp.
    Hamdani N, : Ilmu Kedokteran Kehakiman, Edisi Kedua, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta;1992:p.44–7.
    Idries AM, : Pedoman Ilmu Kedokteran Forensic, Edisi Pertama, PT. Binarupa Aksara, Jakarta, 1989, pp.254 – 6.
    Knight B, Arnold, : Simsons Forensic Medicine, 11th Edition, Oxford university Press. Inc, New York – USA;1997:p.19.
    Modi NJ, : Medical Jurisprudence and Toksikologi, 18 th Edition, Bombay – India, 1972, pp.88–90.
    Nandy A, : Principles of Forensic Medicine, New General Book Agency (P) Ltd, Calcuta – India;1995:p.184.
    Parikh C.K, : Parikhs textbook of Medical Jurisprudence and Toxicology, Medical Publication, Bombay – India;1979:pp.126–8.

Most read articles by the same author(s)