Analisis Perilaku Terlambat dan Penanganannya

https://doi.org/10.26858/dikdasmen.v3i3.2426

Authors

  • Jum Handriani Wahidin Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Perilaku Telambat, Behavior Contrac

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) gambaran perilaku terlambat pada AA di SMPN 49 Makassar, 2) Penyebab perilaku terlambat  AA, 3) Upaya penanganan perilaku terlambat pada subjek AA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah studi kasus klinis. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi serta menggunakan analisis kualitatif dari Model Miles & Hubermen, yaitu reduksi data, presentasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasilnya adalah 1) Gambaran perilaku terlambat AA adalah Sering datang terlambat, tidak fokus ketika pembelajaran berlangsung, ketinggalan materi, menunda-nunda tugas, terlihat lelah ,kadang tertidur di dalam kelas. 2) Faktor penyebab perilaku terlambat yaitu sering begadang main game 3) Penanganannya, peneliti menerapkan behavior contrac perilaku untuk mengurangi perilaku terlambat. Setelah penanganan subjek AA dapat mengurangi perilaku terlambatnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, A. D., & Lestari, S. D. (2020). Teknik Self Management untuk mengurangi perilaku terlambat datang di Sekolah. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 10(1), 54-68.

Chalimi, M. K. 2017. Implementasi Teknik Behavior Contract untuk Memotivasi Siswa dalam Penyelesaian Pekerjaan Rumah (PR) di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Pilangkenceng Madiun. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 7(1): 82-89

Fikri, A. 2021. Penerapan Teknik Kontrak Perilaku untuk Mengurangi Perilaku Membolos Siswa di SMA Negeri 11 Sidrap. Pinisi Journal Of Education.

Marisa, C. dkk. 2020. Konseling Behavior Contract Untuk Mengurangi Perilaku Membolos Sekolah Di Tingkat Menengah Kejuruan. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling. 4(2): 330-338.

Puteri, I., Saman, A., & Harum, A. (2024). Application of Behavior Contract Techniques to Reduce Late Behavior of High School Students in Soppeng Regency. Pinisi Journal of Education, 4(3), 324-339.

Putri, I. S. 2021.Eksperimentasi Layanan Konseling Individu Dengan Teknik Behavioral Contract Untuk Mengurangi Perilaku Tidak Disiplin Peserta Didik Sma N 1 Punggurt. P 2020/2021(Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & Bandung: Alfabeta

Tania, O. V. 2022.Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Denganteknik Behavior Contract Terhadap Perilaku Terlambat Ke Sekolah Di Smk Persada Bandar Lampung(Doctoral Dissertation, UinRaden Intan Lampung).

Published

2024-07-09

Issue

Section

Articles