About Journal

Indonesian Journal of Learning Education and Counseling (IJoLEC) is an open access journal that managed by the peer review process, having ISSN: 2622-8068 (Print) and ISSN: 2622-8076 (Online). This journal invites scientists, practitioners around the world to exchange and disseminate theoretical topics and practices aimed at the advancement and development of field science (1) Learning education, (2) Educational technology and (3) Counseling.

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Prezi untuk Menumbuhkan Karakter Rasa Ingin Tahu Studi Kasus di SMPN 3 Cibungbulang Section Article in Press

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Tohir Solehudin
Retno Triwoelandari
Ahmad Mulyadi Kosim

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif prezi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan 2) mengetahui efektivitas media pembelajaran interaktif prezi pada pembelajaran PAI di kelas 8 SMP untuk menumbuhkan karakter rasa ingin tahu siswa. Penelitian ini menggunakan metode Reasearch and Development (R&D). Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan angketPada tahap pengembangan, hasil penelitian menunjukan angka ahli materi 82.89%, ahli media 79.42%, dan ahli bahasa 76.39%. Pada tahap pengujian, uji coba terbatas menunjukan angka 81.61%. Hasil akhir pengujian, uji validasi menunjukan sig. 0.00 < 0.05 dengan perbedaan hasil kelas eksperimen 39.58 dan kelas kontrol 24.87 dengan perbedaan hasil sebesar 14.71. Dengan demikian, pengembangan media pembelajaran interaktif Prezi sebagai  media ajar PAI layak digunakan untuk menumbuhkan karakter rasa ingin tahu siswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Retno Triwoelandari, Universitas Ibn Khaldun Bogor

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Ahmad Mulyadi Kosim, Universitas Ibn Khaldun Bogor

Fakultas Agama Islam

References

Hidayatullah, M. Furqon. (2009). Guru Sejati Membangun Insan Berkarakter Kuat dan Cerdas. Surakarta: Yuma Pustaka.
Nabhani, Taqiyuddin an-. (2011). Peraturan Hidup Dalam Islam. Jakarta: HTI Press.
Silmi, Millati & Kusmarni, Yani. (2017). Menumbuhkan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Melalui Media Puzzle. Factum, 6 (2), 230-242.
Baruch, Yael Kesner, Levy, Ornit Spektor-, & Mashal, Nira. (2014). Pre-Schoolers’ Verbal and Behavioral Responses as Indicators of Attitudes and Scientific Curiosity. International Journal of Science and Matchematics Education.
Setiawan, Kodrat, & Joko. (2016). Pengembangan dan Penelitian Media Pembelajaran Interaktif Dilengkapi Software Prezi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Kelas XI Tiptl SMK Negeri 1 Nganjuk. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5 (1), 45-52.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rusyfian, Zurrahma. (2016). Prezi: Solusi Presentasi Masa Kini Untuk Pelajar, Mahasiswa, dan Pebisnis. Bandung: Informatika.
Pluck, Graham, & Johnson, Helen. (2011). Stimulating Curiosity to Enhance Learning. GESJ: Education Science and Psychology. 2 (19). 24-31.
Riduwan. (2012). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Kashdan, Todd B., Stiksma, Melissa C., & Disabato, David J.. (2017). The Five-Dimensional Curiosity Scale: Capturing the Bandwith of Curiosity and Identifying Four Unique Subgroups of Curious People. Elsevier: Journal of Research in Personality. 73. 130-149.
Kemendiknas RI. (2010). Bahan Pelatihan: Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas.
Baylen, Danilo M.. (2018). Innovative Practices of Distance Education (including e-Learning) in Asia and the Pacific. IJEMT: International Journal for Educational Media and Technology. 12 (2). 3-10.
Keasberry, Chester. (2018). Social Media, Teacher-Student Relationships, and Student Learning. IJEMT: International Journal for Educational Media and Technology. 12 (2). 27-34.
Muflihah, & Aziz, Husain. (2018). Developing Interactive Multimedia CD-based Teaching Arabic Skill at Arabic Education Department of Islamic State University Sunan Ampel Surabaya. Dinamika Ilmu. 18 (2). 195-210.
Mahayanti, N.W.S., Suprianti, G.A.P., & Utami, I.A.M.I.. (2019). e-CALF (Electronic Version of Contextual Attractive Logical Fun) Game as Self-Directed Learning Media for Students in the Digital Era. JPI: Jurnal Pendidikan Indonesia. 8 (1). 65-76.
Muslimah, F., Triwoelandari, R., & Sutisna. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran IPA Terintegrasi Nilai-Nilai Islam dalam Mengembangkan Karakter Religius Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Proceeding The 1st Annual Conference on Madrasah Teachers (ACoMT). 244-252.
Miskiah, Suryono, Yoyon, & Sudrajat, Ajat. (2019). Integration of Information and Communication Technology Into Islamic Religious Education Teacher Training. Cakrawala Pendidikan. 38 (1). 130-140.
Novianti, N., & Nurlaelawati, I.. (2019). Pedagogical Competence Development of University Teachers with Non-Education Background: The Case of a Large University of Education in Indonesia. Indonesian Journal of Education. 11 (2). 169-177.