Peningkatan Kualitas Produk pada Usaha Pembuatan Tortilla Jagung Dan Kerupuk Gadung dengan Pendekatan Evaluasi Merek dan Kemasan

  • Basri Basri Universitas Al Asyariah Mandar
  • Akhmad Qashlim Universitas Al Asyariah Mandar
Keywords: UMKM, Desa Kunyi, Umbi Gadung, Promosi, Berbasis Teknologi

Abstract

UMKM sebagai sektor ekonomi strategis khususnya di Desa Kunyi Kecamatan Anreapi Kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sualwesi Barat sebagai salah satu daerah dengan potensi Umbi tanaman Gadung dan Jagung. Walaupun telah dibina melalui program pemerintah namun promosi dan penjualan hasil olahan berupa kerupuk dan tortilla saat ini masih berpotensi untuk dikembangkan. Salah satu faktor yang diamati adalah tidak adanya merek dan  kurangnya promosi. Selain itu evaluasi produk belum pernah dilakukan di tingkat konsumen sesuai sasaran produk. Untuk itu melalui program ini dilakukan dengan menggunakan teknologi Informasi desain produk kemasan. Kegiatan dilakukan melalui dua sektor pengembangan yaitu (1) pengembangan promosi produk dan (2) pengembangan layanan. Pengukuran hasil tindakan dilakukan melalui wawancara mitra terkait pendekatan yang dilakukan dan untuk mengevaluasi produk melalui model angket kuesioner. Hasil Observasi menunjukkan peningkatan partisipatif dan wawasan mitra. Selain itu hasil evaluasi responden menunjukkan nilai persentase positif yang besar sehingga kajian ini menunjukkan bahwa merek dan kemasan produk dinilai sangat baik setelah dilakukannya kegiatan di UMKM Mekar di Desa Kunyi.

References

BPS. (2016). Badan Pusat Statistik Kabupaten Polewali Mandar. Retrieved July 13, 2018, from https://polewalimandarkab.bps.go.id/publication/2017/12/20/0f0fb86bac110cab15c2cfcf/sensus-ekonomi-2016-analisis-hasil-listing-potensi-ekonomi-kabupaten-polewali-mandar-.html

Fauziah, A. (2017). Kajian Psikolinguistik Pada Proposisi Citra Merek. Wiga: Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, 7(2), 132–142.

Hidayah, R. (2016). Pengaruh Kemasan terhadap Minat Beli Konsumen (Studi pada Produk Sabun Cair LUX di Purworejo. Manajemen-Fakultas Ekonomi.

Kurniasari, L., Darmanto, D., Mustaghfirin, M., & Hartati, I. (2018). PENGUATAN USAHA PRODUKSI KERUPUK UDANG DI MOROREJO KENDAL MELALUI PERBAIKAN DESAIN LABEL DAN PELATIHAN PENGEMASAN PRODUK PANGAN. ABDIMAS UNWAHAS, 2(2).

Maghfur, M., Haryono, A. T., & Warso, M. M. (2018). EFFECT OF PROMOTION, PRICE AND QUALITY PRODUCTS ON THE IMPROVEMENT OF SALES INCREASING OF EAST CHIRPY BRAND IN PT. MATAHARI SAKTI AREA CENTRAL JAVA. Journal of Management, 4(4).

Pramudita, S. (2013). PENGARUH SIKAP KONSUMEN PADA KOMPONEN IKON VISUAL MEREK TERHADAP MINAT BELI (Studi Eksplanatif Kuantitatif Mengenai Pengaruh Sikap Konsumen pada Komponen Ikon Visual Merek J. CO Donuts & Coffee terhadap Minat Beli Produk pada Pengunjung Gerai J. CO Donuts & Coffee di Plaza Ambarukmo Yogyakarta). UAJY.

Raturi, S., & Parekh, V. (2012). The Impact of National Apparel Brand attributes on customer Purchase Intention. SIES Journal of Management, 8(2).

Setiawan, R. B., & Suryani, T. (2015). CITRA MEREK, BINTANG IKLAN, DAN KESADARAN MEREK: CUKUP KUATKAH DALAM MEMPENGARUHI INTENSI PEMBELIAN KECAP MANIS ABC DI SURABAYA. Journal of Business & Banking, 4(2), 177–188.

Surniandari, A. (2017). VIRAL MARKETING SEBAGAI ALTERNATIF STRATEGI PEMASARAN PRODUK SARIZ. Widya Cipta-Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 1(1), 35–43.

Susanti, R., & Nofianti, S. (2017). PENERAPAN STATEGI PROMOSI DALAM PEMASARAN SUSU KAMBING DI PT. BONCAH UTAMA, BARULAK KABUPATEN TANAH DATAR. Jurnal Agrimart. Vol, 4(1).

Published
2018-08-16
How to Cite
Basri, B., & Qashlim, A. (2018). Peningkatan Kualitas Produk pada Usaha Pembuatan Tortilla Jagung Dan Kerupuk Gadung dengan Pendekatan Evaluasi Merek dan Kemasan. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 44-49. https://doi.org/10.31960/caradde.v1i1.6
Section
Articles