Main Article Content

Abstract

PKM ini bertujuan untuk mendampingi guru matematika dan IPA dalam menyusun perangkat pembelajaran berupa materi ajar, latihan dan tugas siswa menggunakan macromedia flash sehingga dapat memotivasi dan mengaktifkan siswa dalam pembelajaran. Metode yang digunakan adalah Ceramah, simulasi dan workshop. Tahap pertama, metode ceramah untuk pengenalan macromedia flash dan simulasi contoh pembelajaran. Tahap kedua workshop penyusunan bahan ajar, guru didampingi menyususun materi ajar, latihan dalam bentuk games dan tugas. Tahap ketiga masing-masing kelompok guru mesimulasikan hasil penyusunan bahan ajar. Hasil yang diperoleh adalah guru dapat mengimplementasikan bahan ajar berbasis macromedia flash dan menjadikan pembelajaran lebih bermakna. Selain itu, terjadi peningkatan motivasi dan aktivitas siswa mengikuti pembelajaran.

Keywords

Pembelajaran Kualitas Guru Bahan Ajar Macromedia Flash

Article Details

How to Cite
Fatimah, F., Nurhidayah, N., & Qashlim, A. (2019). Peningakatan Kualitas Guru dalam Pembelajaran Melalui Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.31960/caradde.v2i1.278

References

  1. Citrasukmawati, A., Rahardjo, R., and Tjandrakirana, T. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Dengan Tampilan Macromedia Flash di SMP.No Title. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 1(2), pp.94-100.
  2. Farhan, M., & R. H. (2014). Keefektifan PBL dan IBL dari Prestasi Belajar, Kemampuan Representasi Matematis, dan Motivasi Beljar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 227–240.
  3. Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177–186.
  4. Mustamid, & Raharjo, H. (2015). PENGARUH EFEKTIFITAS MULTIMEDIA PEMBELAJARAAN MACROMEDIA FLASH 8 TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI DAN INVERS. Eduma.
  5. Nurmala, D.A., Tripalupi, L.E., & Suharsono, N. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Akutansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1).
  6. Rahajeng, S. P. (2012). Kesulitan Belajar Matematika. Krida Rakyat, 2(2).
  7. Rohman, F.S., and Prihati, Y. (2017). Media Interaktif Pembelajaran Matematika Berbasis Macromedia Flash Mempermudah Pemahaman Pelajaran: Studi kasus pada siswa SDN 01 Karangmalang. Majalah Ilmiah Informatika, 1(1).
  8. Sahidin, L. and Jamil, D. (2013). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Persepsi Siswa Tentang Cara Guru Mengajar Terhadap ]Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 4(2), pp.212–222.
  9. Sudarsana, I. . (2018). Optimalisasi Penggunaan Teknologi dalam Implementasi Kurikuum di Sekolah (Perspektif Teori Konstruktivisme). Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1).
  10. Sulanjari, B. (2017). Kemampuan Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) Kurikulum 2013 Revisi 2017 Guru Bahasa Jawa Sekolah Menengah Atas ( SMA ) Kota Semarang. 11(2), 26–36.
  11. Trisnawati, L, Fadila A. and Farida, F. (2018). Pengembangan Audio Visual BerbasisMacromedia Flash Pada Materi Dimensi Tiga. In Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), pp 499-506.
  12. Umam, K. (2016). Pengaruh Menggunakan Sofware Macromedia Flash 8 Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), pp.84-92.