Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan disiplin belajar siswa setelah dberikan konseling individual dengan teknik shaping. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian terdiri dari 2 orang subjek. Penelitian ini menggunakan single subject research dengan desain penelitian A-B-A. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik shaping efektif untuk meningkatkan disiplin belajar siswa

Keywords

Teknik Shaping; Disiplin Belajar

Article Details

References

  1. Angguni, R. (2021). Teknik Shaping untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Daring pada Seorang Anak di Wonoayu Sidoarjo. Skripsi. Surabaya: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
  2. Boangmanalu, I. A. (2021). Penerapan Pendekatan Behavior untuk Meningkatkan Kedisiplinan pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII. Journal of Theology and Christian Education, 3(2), 151–171.
  3. Budianto, T. (2020). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Teknik Shaping untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran. Skripsi. Magelang: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Magelang.
  4. Budiawan, E. (2021). Penerapan Teknik Shaping untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa di SMPN 2 Bantaeng. Skripsi. Makassar: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassa.
  5. Djamaluddin, A. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Pare-pare: Kaaffah Learning Center.
  6. Fatimah, A. N. (2019). Efektivitas Teknik Self-Management untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa SMA. Jurnal Fokus, 2(1), 24–29.
  7. Ferdiansa, G. (2021). Konseling Individu Menggunakan Teknik Modelling untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 847–853.
  8. Pandang, A., & Anas, M. (2019). Penelitian Eksperimen dalam Bimbingan dan Konseling: Konsep Dasar dan Aplikasinya Tahap Demi Tahap. Makassar: Badan Penerbit UNM.
  9. Penky, L. (2019). Hubungan antara Motivasi Belajar dan Persepsi terhadap Pola Asuh Autoritatif dengan Disiplin Belajar Siswa. Thesis. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
  10. Rohaniah. (2020). Penerapan Metode Konseling Behavioral Guna Meningkatkan Kedisiplinan Belajar pada Siswa kelas VIII.3 SMPN 1 Praya Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 4(1), 133–141.