Main Article Content

Abstract

Abstrak. Isu dan fokus pengabdian pada Klaster Pengabdian Masyarakat Berbasis Riset Unggulan Nasional ini adalah Peningkatan Kompetensi Guru Madrasah Berbasis Pesantren dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Permasalahan yang dialami guru saat ini adalah kurangnya kemampuan dalam melakukan penelitian, menulis artikel di jurnal pendidikan, serta menulis buku-buku dan karya tulis ilmiah lainnya. Salah satu solusi dalam menjawab persoalan guru tersebut adalah dengan melakukan workshop dan pendampingan berbasis Partisipatory Action Research dalam Pengembangan keilmuan profesi guru melalui publikasi ilmiah guru-guru madrasah berbasis pesantren se Kabupaten Pinrang.


Hasil yang dicapai dalam pengabdian berbasis riset ini adalah pertama, guru madrasah berbasis pesantren memiliki pengetahuan dan keterampilan menulis dan menerbitkan artikel dalam jurnal, dan menulis karya tulis ilmiah lainnya. Kedua, meningkatkan keilmuan dan kreatifitas guru, agar mampu memberikan pelayanan pendidikan yang bermutu. Dan pada akhirnya pelayanan yang diberikan melampaui standar pelayanan minimal. Selain itu, juga memiliki tanggung jawab terhadap klien dan stakeholder pendidikan lainnya. Ketiga, guru memiliki kemampuan akademik secara mandiri untuk menggali sendiri potensinya dalam meningkatkan keilmuannya sebagai guru profesional  secara kompetitif dan inovatif.

Keywords

Keilmuan keprofesian Publikasi ilmiah Pesantren

Article Details

How to Cite
Said, M., & Rahmawati. (2023). Pengembangan Keilmuan Keprofesian melalui Peningkatan Publikasi Ilmiah bagi Guru Madrasah Berbasis Pesantren . CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 94-103. https://doi.org/10.31960/caradde.v6i1.1980