Karang Taruna Fajar : Cinderamata Bioplastik Khas Pantai Madasari, Masawah

  • Endang Surahman UNIVERSITAS SILIWANGI
  • Vita Meylani Universitas Siliwangi, Tasikmalaya
  • Lucky Radi Rinandiyana Universitas Siliwangi, Tasikmalaya
Keywords: Bioplastik, Cinderamata, Karang Taruna, Desa Masawah

Abstract

Cinderamata merupakan suatu hal yang harus ada di sebuah tempat wisata. Pantai Madasari sebagai tempat wisata baru memiliki sumber daya hayati yang melimpah namun belum memiliki cinderamata sehingga perlu dikembangkan sumber daya hayati menjadi suatu cinderamata. Tujuan dari kegiatan ini adalah melatih pemuda Karang Taruna Fajar Desa Masawah membuat bioplastik dengan memanfaatkan sumber daya hayati yang ada di Pantai Madasari untuk dijadikan cinderamata khas wisata Pantai Madasari. Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang pemuda selama 6 jam. Kegiatan awal berupa pemaparan teori pembuatan bioplastik dan praktek pembuatan bioplatik. Hasil akhir dari kegiatan ini adalah berbagai bentuk bioplastik yang dapat dijadikan cinderamata dari Pantai Madasari. Kesimpulan kegiatan ini adalah program pelatihan pembuatan bioplastik sebagai cinderamata bagi karang taruna Desa Masawah telah berhasil dilaksanakan, terbukti dengan banyaknya hasil bioplastik yang telah dibuat oleh anggota karang taruna.

References

Anonim. (tanpa tahun). https://id.wikipedia.org/wiki/Masawah,_Cimerak,_Pangandaran

Anonim. (2014). http://iwaralaba.com/2014/04/peluang-usaha-jual-cinderamata-di-tempat-wisata/

Anonim. (2017). http://kknm.unpad.ac.id/legokjawa/2017/07/26/profil-desa-legokjawa/

Azhar, Arsyad. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Perkasa.

Khairani, S., & Pratiwi, R. (2018). Peningkatan Omset Penjualan Melalui Diversifikasi Produk dan Strategi Promosi Pada UMKM Kerajinan Souvenir Khas Palembang. Caradde Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(1).

Marufi, Ma’rufi., Ilyas, M., Anas, A., & Islamiyah, R.Y. (2018). Program Pengembangan Kewirausahaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Caradde Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(1).

Suharsono., Surahman, E., & Putra, R.R. (2016). Pelatihan Penggunaan Alat dan Bahan Laboratorium IPA bagi Guru IPA di Lingkungan SMP/MTs Se-Kecamatan Cikatomas Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Siliwangi Seri Pengabdian. 2 (2).

Surahman, E., Meylani, V., Rinandiyana, L.R. (2018). Pelatihan Membuat Bioplatik sebagai Cinderamata Khas Pantai Madasari Bagi Karang Taruna Samudra Desa Legokjawa. Prosiding Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(1).

Published
2019-01-23
How to Cite
Surahman, E., Meylani, V., & Rinandiyana, L. (2019). Karang Taruna Fajar : Cinderamata Bioplastik Khas Pantai Madasari, Masawah. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 131-135. https://doi.org/10.31960/caradde.v1i2.34
Section
Articles