Main Article Content

Abstract

Kegiatan ini bertujuan: (1). Meningkatkan optimalisasi perencanaan dan pengembangan objek wisata di desa Sungai Langka, (2). Meningkatkan kemampuan kelompok desa sadar wisata mengemas atau memberikan identitas khusus bersifat lokal kepada objek wisata itu, (3). Mengoptimalkan partisipasi dari kelompok pemuda di desa dalam mengelola objek wisata tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan di balai desa Sungai Langka melibatkan kelompok mitra dan pemerintah desa, kegiatan dilaksanakan dengan metode workshop, pelatihan dan tanya jawab, juga dilakukan praktik identifikasi brand value yang sesuai dengan potensi desa. Berdasarkan kegiatan yang dilakukan, maka diperoleh hasil sebagai berikut: (1). Telah terwujudnya konsistensi peserta dalam melaksanakan langkah penyusunan brand wisata desa. (2). Meningkatnya nilai rerata kuisioner sebesar 26%. Kesimpulan dari kegiatan ini: Telah meningkatknya pengetahuan dan keterampilan SDM Pokdarwis dan pemuda desa dalam menyusun brand value wisata desa berbasis kearifan lokal.


 

Keywords

Desa Wisata Branding Value Kearifan Lokal

Article Details

Author Biographies

Simon S Hutagalung, Universitas Lampung

Sosial Kemasyarakatan

Dedy Hermawan, Universitas Lampung

Sosial kemasyarakatan

Himawan Indrajat, Universitas Lampung

Sosial Kemasyarakatan

How to Cite
Hutagalung, S. S., Dedy Hermawan, & Himawan Indrajat. (2021). Penguatan Kapasitas Masyarakat Dalam Perumusan Branding Value Berbasis Kearifan Lokal di Desa Wisata. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 414-421. https://doi.org/10.31960/caradde.v3i3.596

References

  1. Dinas Pariwisata, D. I. Y. (2014). Statistik Kepariwisataan 2014. Yogyakarta, DIY. Retrieved April (Vol. 21). D.I. Yogyakarta Indonesia.
  2. Hariyanto, O. I. B. (2016). DESTINASI WISATA BUDAYA DAN RELIGI DI CIREBON. ECODEMICA, 4(2), 214-222.
  3. IGB, R. U., dan Eka Mahadewi, N. M. (2012). Metode Penelitian Pariwisata dan Perhotelan. Yogyakarta: Andi.
  4. Indonesia, P. R. Undang-undang No. 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan, Sekretariat Negara. Jakarta. (2009).
  5. Komala, I. D. A., Waseh, H., dan Rahmawati, R. (2015). Implementasi Kebijakan Dan Kendala Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
  6. Pitana, I. (2009). Pengantar Ilmu Pariwisata. Pengantar Ilmu Pariwisata. Yogyakarta: Andi.
  7. Pitana, I. G., dan Gayatri, P. G. (2005). Sosiologi pariwisata. Yogyakarta: Penerbit Andi.