Pemberdayaan Masyarakat Melakui Pembuatan Perpustakaan Pesisir Melalui Kuliah Kerja Nyata

  • Marwan Sam Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Muhammad Arhan Rajab Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: Pepustakaan Pesisir; Pemberdayaan Masyarakat; Kelurahan Pallameang; Kecamatan Mattiro Sompe.

Abstract

Program kerja ini bertujuan untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat Kelurahan Pallameang melalui Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) dalam memanfaatkan sumber daya alam pesisir yang ada. Target khusus yang ingin dicapai pada kegiatan ini adalah meningkatkan minat baca masyarakat kelurahan Pallameang. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan ini terbagi dalam dua tahap, yaitu tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Tahap persiapan meliputi observasi tempat, penentuan waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan, mengadakan surat undangan kepada masyarakat, serta sosialisasi kepada masyarakat tentang kegiatan. Sedangkan tahap pelaksanaan diawali dengan pembuatan rak perpustakaan, pembukaan kegiatan serta peresmian. Hasil dari kegiatan yaitu respon dan apresiasi masyarakat serta pemerintah setempat sangatlah mendukung diadakannya perpustakaan pesisir ini. Kesimpulan dari program iniadalah membangkitkan semangat membaca bagi masyarakat yang ada di Kelurahan Pallameang dan lebih luas bagi masyarakat Kecamatan Mattiro Sompe terutama bagi anak-anak pesisir

References

Arief Lubis, Yurial, 2014. Studi Tentang Aktivitas Ekonomi Masyarakat Pesisir Pantai Pelabuhan. Medan: Universitas Medan Area.

Asri, Tri Mega., Septiana, Vivi. 2017. Strategi Kerjasama Perpustakaan melaluiKegiatan Pemberdayaan Perpustakaan Desa oleh Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Kabupaten malang. Pendidikan Vokasi Universitas Brawijaya. Malang

Budiharsono, Sugeng, 2001. Teknik Analisis Pembangunan. Wilayah Pesisir dan Lautan. Jakarta : Pradnya Paramita.

Dahuri, dkk, 2001. Pengelolaan Sumber daya Wilayah Pesisir dan Lautan Secara Terpadu. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.

Damayanti, Astrid. Pemberdayaan Masyarakat: Monitoring dan Evaluasi Program Pembangunan Perpustakaan Desa di Daerah Pesisir. Media Informasi, Forum Komunikasi Perpustakaan. Perpustakaan UGM. Yogyakarta.

Hardiknas Makagingge, Marvel, 2017. Pemberdaan Masyarakat Pesisir dalam Meningkatkan Kesejahteraan di Desa Mahumu Dua Kecamatan Tamako Kabupaten Kepulauan Sangihe. Manado: Universitas Sam Ratulangi.

http://pdpt.gaismamedia.com/kawasan/kabupaten-pinrang/ diakses Tanggal 16 Agustus 2018

Indarti dan Dwiyadi, 2013. Metode Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Melalui Penguatan Kelembagaan di Wilayah Pesisir Kota Semarang. Semarang: STIE Widya Manggala.

Julkrismi, Erma, 2018. Pengaruh Pola Kehidupan Masyarakat Pesisir Terhadap Pola Pemukiman Dipantai Pasar Bawah. Surakarta: STIKES PKU.

Kurniawan, Asep, 2016. Sejarah Pendidikan Masyarakat Pesisir Nusantara. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati.

Romimohtarto dan Soemodjhardjo (1998). Pengelolaan Terumbu Karang Berbasis Masyarakat. Djambatan, Jakarta.

Suharti, Edi. 1997. Pembangunan Kebijakan Sosial dan Pekerja Sosial : Spektrum Pemikiran. Bandung: Lembaga Studi Pemangunan-STKS.

Tim UP KKN UNCP, 2018. Buku Panduan Kuliah Kerja Nyata. Palopo: Universitas Cokroaminoto Palopo

Walhi, 2004.Pembangunan Wilayah Perspektif Ekonomi,. Sosial, dan Lingkungan. Jakarta: LP3ES.

Published
2019-01-23
How to Cite
Sam, M., & Rajab, M. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Melakui Pembuatan Perpustakaan Pesisir Melalui Kuliah Kerja Nyata. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 84-89. https://doi.org/10.31960/caradde.v1i2.7
Section
Articles