Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Gambaran efikasi diri dalam belajar siswa di SMA Negeri 7 Takalar Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar 2) Gambaran pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Play di SMA Negeri 7 Takalar Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar 3) Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Role Play terhadap peningkatan efikasi diri dalam belajar siswa di SMA Negeri 7 Takalar Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model Quasi experimental design. Desain Eksperimen yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI sebanyak 68 siswa dan sampel penelitian sebesar 22 siswa yang terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing berjumlah 11 siswa. Penarikan sampel dengan teknik proporsional random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan pedoman wawancara, instrumen skala efikasi diri dalam belajar dan pedoman observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis parametrik, yaitu uji Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat efikasi diri dalam belajar siswa saat pretest pada kelompok eksperimen dan kontrol berada pada kategori rendah. Pada saat posttest, tingkat efikasi diri dalam belajar siswa kelompok eksperimen mengalami perubahan ke kategori tinggi dan pada kelompok kontrol tetap berada pada kategori rendah 2) Pelaksanaan teknik role play dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang sudah dirancang melalui lima tahapan yaitu rational treatment, pemilihan peran, bermain peran, diskusi terbimbing dan evaluasi Pada saat pelaksanaan teknik role play, partisipasi siswa berada pada kategori tinggi. 3) Ada perbedaan yang signifikan tingkat efikasi diri dalam belajar pada kelompok yang diberikan perlakuan dan pada kelompok yang tidak diberikan perlakuan berupa teknik role play. Artinya, penerapan teknik role play dapat meningkatkan efikasi diri dalam belajar siswa secara signifikan SMA Negeri 7 Takalar Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar

Keywords

Efikasi diri dalam belajar Role Play Bimbingan Kelompok

Article Details

References

  1. Alfaiz, Zulfikar, & Yulia, D. (2017). Efikasi Diri Sebagai Faktor Prediksi Kesiapan Mahasiswa dalam Mengerjakan Tugas Kuliah. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 119–124.
  2. Anisa, L. N. (2019). Tipologi Self Efficacy Siswa dalam Mengerjakan Tugas pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Penelitian di SMP Islamiyah Serua Depok). Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam FITK: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
  3. Arjanto, P., & Somae, F. F. (2020). Penerapan Teknik Role Playing untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa SMP. Jurnal Konseling Komperatif, 7(2), 35–46.
  4. Asmiati, M. (2020). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD Negeri 147 Pelali Kecamatan Curio Kabupaten Enrekang. Skripsi. Prodi PGSD: Universitas Muhammdiyah Makassar.
  5. Dewi, Y. P., & Mugiarso, H. (2020). Hubungan antara Konsep Diri dengan Efikasi Diri dalam Memecahkan Masalah Melalui Konseling Individual di SMK Hidayah Semarang. Jurnal Edukasi, 6(1), 29–40.
  6. Ferdyansyah, A., Rohaeti, E. E., & Suherman, M. M. (2020). Gambaran Self Efficacy Siswa terhadap Pembelajaran. Jurnal Fokus, 3(1), 16–23.
  7. Ginting, L, A. (2022). Penerapan Role Play dalam Meningkatkan Hasil Belajar SKI Kelas VIII Di MTS Raudhatul Multazam Kuta Buluh Simole. Skripsi. UIN Ar-Raniry.
  8. Hasanah, N. (2018). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 30 Bandar Lampung. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan: UIN Raden Intan Lampung.
  9. Hernaningsih, T., & Giyoto. (2020). Pengaruh Metode Role Playing untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa SMA Batik 1 Surabaya. Jurnal An-Nizom, 5(3), 197–202.
  10. Ibnu. (2021). Efikasi Diri adalah: Pengertian, Ciri-ciri, dan Cara Menerapkan Efikasi Diri. PT Cipta Piranti Sejahtera.
  11. Johanda, M., Karneli, Y., & Ardi, Z. (2019). Self Efficacy Siswa Dalam Menyelesaikan Tugas Sekolah di SMP Negeri 1 Ampek Angkek. Jurnal Neo Konseling, 1(1), 31–35.
  12. Lianto, L. (2019). Self Efficacy: A Brief Literature Review. Jurnal Manajemen Motivasi, 15(2), 55. https://doi.org/10.29406/jmm.v15i2.1409
  13. Ningrum, D. Cahya. (2020). Penerapan Model Bermain Peran (Role Playing) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 2 Kota Gajah Lampung Tengah. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTIK: IAIN Metro Lampung.
  14. Norhisam Binti, N. (2018). Perbedaan antara Teknik Konseling Cognitive Behavior Therapy dengan Teknik Konseling Islam dalam Penanganan Sifat Sombong. Skripsi. Fakultas Dakwah dan Komunikasi: UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
  15. Novianti, E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think, Talk, Write (TTW) Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan: Universitas Negeri Makassar.
  16. Nurliawati, E. (2023). Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 15 Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Dakwah dan Komunikasi: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
  17. Nurqadarsi, S. (2019). Analisis Perbandingan Self Efficacydan Perilaku Individu Berdasarkan Gender Pada Bank Negara Indonesia (BNI) Kantor Cabang Mattoangin Kota Makassar. Skripsi. Jurusan Manajamen FEBI: UIN Alauddin Makassar.
  18. Nurwana. (2020). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Role Playing terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Peredaran Darah Kelas XI SMA Negeri 9 Makassar. Skripsi. FKIP: Universitas Muhammadiyah Makassar.
  19. Oktavia, W., & Ediyono, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dalam Materi Pementasan Drama Pada Siswa. Skripsi. Prodi Bahasa: Fakultas Ilmu Pendidikan Budaya, Universitas Sebelas Maret.
  20. Puspitasari, N. N. Y., & Septimar, Z. M. (2021). Hubungan Sikap dengan Perilaku Masyarakat Terhadap Pencegahan Covid 19 Di Kecamatan Karawaci Tahun 202. Health Sains, 2(6), 811–819.
  21. Rahmawati, A. P., & Puspasari, D. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan di SMKN 1 Kulonprogo. Skripsi. Universitas Negeri Jakarta.
  22. Rasimin, & Hamdi, M. (2019). Bimbingan dan Konseling Kelompok (B. S. Fatmawati (ed.); Kedua). Jakarta: PT. Bumi Aksara.
  23. Rohmawati, L., Suryani, N., & Pelu, M. (2020). Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar Sejarah Melalui Penerapan Metode Bermain Peran (Role Play) dengan Media Lagu. Jurnal Candi, 20(1), 71–84.
  24. Rukminingsih, Dkk. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Erhaka Utama.
  25. Soesilo, T, D. (2019). Ragam dan Prosedur Penelitian Tindakan. Salatiga: Satya Wacana University Press.
  26. Suci, W. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Al-Islam Di SMA Muhammadiyah 1 Gisting Kabupaten Tanggamus Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan: Institut Agama Islam Negeri Metro.
  27. Supriatna, M. (2018). Bimbingan dan Konseling Berbasis Kompetensi: Orientasi Dasar Pengembangan Profesi Konselor. Depok: Rajawali Pers.
  28. Tohirin. (2019). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Depok: Rajawali Pers.
  29. Widiyanti, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Kesadaran Sejarah Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Banjarmasin. Skripsi. Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP: Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.
  30. Winarti, W., & Nuramdiani, D. (2020). Dampak Teknik Role Play Sebagai Metode Pembelajaran yang Menyenangkan dalam Mata Kuliah Bahasa Inggris Mahasiswa Administrasi Rumah Sakit. Jurnal Teras Kesehatan, 2(2), 86–100