Main Article Content

Abstract

Kecemasan adalah salah satu masalah yang sering dialami oleh remaja, yang dapat berdampak pada kualitas hidup mereka. Metode Butterfly Hug adalah salah satu teknik yang digunakan untuk mengurangi kecemasan dan meningkatkan kualitas hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Butterfly Hug terhadap perubahan tingkat kecemasan pada remaja. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif pre-eksperimen dengan pretest dan posttest. Sampel dalam penelitian berjumlah 18 remaja yang mengalami kecemasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perubahan yang signifikan antara sebelum dan sesudah pemberian intervensi metode Butterfly Hug terhadap perubahan tingkat kecemasan pada remaja. Berdasarkan hasil, pemberian metode Butterfly Hug berpengaruh terhadap perubahan tingkat kecemasan pada remaja.

Keywords

Butterfly Hug Kecemasan Remaja

Article Details

References

  1. Hafida, H., Effendi, Z., & Purwanto, S. (2023, November). Pengaruh Kombinasi Metode Butterfly Hug Dan Terapi Musik Terhadap Perubahan Tingkat Kecemasan Pada Remaja. In Proceeding Seminar Nasional Keperawatan (Vol. 9, No. 1, pp. 190-202).
  2. Hadi, P., Sinring, A., Aryani, F., Latif, S., & Kasim, S. N. O. (2022). Layanan self care untuk meningkatkan kesehatan mental guru BK. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(1), 36-43.
  3. Maningrum, R.A. and Syarafuddin, H.M., 2019. Pengaruh teknik role playing terhadap kecemasan belajar pada siswa kelas viii di smpn 2 praya kabupaten lombok tengah. Realita: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(2).
  4. Maharani, M., Supriadi, N., & Widyastuti, R. (2018). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Kartun untuk Menurunkan Kecemasan Siswa Desimal J.
  5. Pristianto, A., Tyas, R. H., Muflikha, I. A., Ningsih, A. F., Vanath, I. L., & Reyhana, F. N. (2022). Deep Breathing dan Butterfly Hug: Teknik Mengatasi Kecemasan Pada Siswa MAN 2 Surakarta. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 36-46.
  6. Purwanti, T. (2021). Butterfly Hug. D.I. Yogyakarta: Buku Mojok.