Main Article Content

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen yang mengkaji tentang penerapan konseling rational emotif behavior therapy terhadap peningkatan motivasi belajar mahasiswa dalam mengikuti pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini yakni untuk menerapkan konseling rational emotive behavior therapy untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dalam mengikuti pelajaran matematika di Prodi PGSD STKIP Andi Matappa. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest posttest desain dengan tahapan meliputi; 1) studi pendahuluan, 2) penyusunan instrument, 3) pengumpulan data awal (pretest), 4) penerapan teknik rasional emotif behavior theraphy 5) pengumpulan data akhir (posstest), 6) analisis data dan diskusi, 7) kesimpulan dan pelaporan. Popoluasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa STKIP Andi matappa sebanyak 811 dengan jumlah sampel sebanyak 10 mahasiswa Prodi PGSD dengan Teknik penarikan sampel yaitu purposive sampling. Hasil penelitian melalui uji analisis deskriptif menunjukkan bahwa sebelum diberikan perlakuan berupa konseling rasional emotive behavior therapy terhadap mahasiswa PGSD, motivasi belajar mahasiswa dalam mengikuti pelajaran matematika berada kategori rendah. Sedangkan setelah diberikan perlakuan berupa konseling rasional emotive behavior therapy, motivasi belajar mahasiswa dalam mengikuti pelajaran matematika mengalami perubahan yaitu berada pada kategori tinggi. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji Z menunjukkan adanya pengaruh yang nyata atau positif yaitu penerapan konseling rational emotif behavior therapy dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dalam mengikuti pelajaran matematika di prodi PGSD STKIP Andi Matappa.

Keywords

Konseling Rasional Emotif Behavior Therapy, Motivasi Belajar

Article Details

Author Biographies

Rosmawati , STKIP Andi Matappa

Bimbingan dan Konseling

Andi Zam Immawan Alam , STKIP Andi Matappa

Bimbingan dan Konseling

Salmiati Salmiati, STKIP Andi Matappa

Bimbingan dan Konseling

References

  1. Corey, G. 2009. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy: Cengage Learning.
  2. Desi, Haryanti. D. 2013. Penerapan Konseling Kelompok Rasional Emotive Behavior Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Kelas VIII G SMP Yogyakarta Pendidikan 17 Surabaya. Jurnal BK UNESA. Volume 01 Nomor 01 Tahun 2013 hal 1 – 216
  3. Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar & Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo persada.
  4. Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi belajar. Jakarta: Rine Cipta.
  5. Ellis, Albert. 2007. Terapi R- E- B. Yogyakarta: B- First.
  6. Jones & Nelson, R . 2011. Teori Dan Praktik Konseling Dan Terapi. Yokyakarta: Pustaka Pelajar.
  7. Karsih, W. E., & Komalasari, G. 2011. Teori Dan Konseling. Jakarta: PT.Indeks.
  8. Khodijah M. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Remaja Pres.
  9. Kompri. 2015. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Mahasiswa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  10. Mediawati, Elis. 2010. Pengaruh Motivasi Belajar Mahasiswa dan Kompetensi Dosen Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan. Vol. V, No. 2, Desember 2010 Hal. 134 – 146.
  11. Palmer, S. 2011. Konseling Dan Psikoterapi. Yokyakarta: Pustaka Pelajar.
  12. Purwanto, Ngalim. 2006. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  13. Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.
  14. Uno. H. B. 2016. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bum