Main Article Content

Abstract

 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui gambaran motivasi belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Sinoa, (2) Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan kegiatan Self Healing untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik, (3) Untuk mengetahui pengaruh kegiatan Self healing terhadap motivasi belajar peserta didik. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen desain, jenis penelitian yang digunakan adalah Pra-experiment desain. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Sinoa yang berjumlah 58 orang siswa, kemudian sampel yang digunakan yaitu 10 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistic deskriptif, analisi statistic non parametrik Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tingkat motivasi belajar peserta didik SMP Negeri 1 Sinoa sebelum diterapkan kegiatan self healing berada pada kategori rendah, akan tetapi setelah diberikan kegiatan self healing tingkat motivasi belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu berada pada kategori tinggi. (2) Pelaksanaan kegiatan self healing dilakukan dalam konseling kelompok yang terdiri atas empat tahap dan berjalan sesuai dengan scenario yaitu, tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan terdiri atas kegiatan meditasi atau relaksasi, yakin terhadap diri sendiri, melakukan kegiatan yang lebih positif, dan melakukan curah pendapat, serta tahap pengakhiran (Terminasi). (3) Penerapan kegiatan self healing dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik SMP Negeri 1 Sinoa.

Keywords

Motivasi Belajar Self Healing

Article Details

References

  1. Ernata, Y. (2017). Analisis motivasi belajar peserta didik melalui pemberian reward dan punishment di sdn ngaringan 05 kec. Gandusari kab. Blitar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 781-790.
  2. Masni, H. (2017). Strategi meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 5(1), 34-45.
  3. Pandang dan Anas. 2019. Penelitian Eksperimen dalam Bimbingan Konseling. Makassar : Universitas Negeri Makassar.
  4. Rini, Y. S., & Tari, J. P. S. (2013). Pendidikan: hakekat, tujuan, dan proses. Jogyakarta: Pendidikan Dan Seni Universitas Negeri Jogyakarta.
  5. Rohmah, S. (2021). PENERAPAN TEKNIK SELF HEALING UNTUK MENGURANGI STRES PASCA TRAUMA ATAU PTSD (POST TRAUMATIC STRESS DISORDER) PADA KORBAN BENCANA ALAM (TSUNAMI)(Studi Kasus Di Desa Citeureup Kecamatan Panimbang Kabupaten Pandeglang) (Doctoral dissertation, UIN SMH BANTEN).
  6. Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39.
  7. Uno, H. B. (2021). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Bumi Aksara