Main Article Content

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui Kebutuhan Layanan Bimbingan dan Konseling Pada Anak Didik Pemasyarakatan (ANDIKPAS) di LPKA Kelas II Maros. (2) Untuk mengetahui Partisipasi Anak Didik Pemasyarakatan (ANDIKPAS) di LPKA Kelas II Maros Dalam Mengikuti Layanan Pembinaan dan kegiatan pendidikan. (3) Untuk mengetahui pentingnya Layanan Bimbingan dan Konseling Pada Anak didik Pemasyarakatan (ANDIKPAS) di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Maros. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Anak Didik Pemasyarakatan di LPKA Kelas II Maros. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Anak Didik Pemasyarakatan (ANDIKPAS) Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Maros membutuhkan Layanan Bimbingan dan Konseling. (2) Layanan Bimbingan dan Konseling dibutuhkan ANDIKPAS untuk membantu dirinya menjadi lebih baik dan bisa keluar dari masalah yang pernah dialami. (3) selain Layanan Bimbingan dan Konseling, kegiatan pembinaan lainnya juga banyak dilaksanakan di LPKA Kelas II Maros diantaranya pembinaan kepribadian, pembinaan kemandirian, serta pembinaan Pendidikan formal dan non formal

Keywords

Layanan Bimbingan dan Konseling, Pembinaan, Anak Didik Pemasyarakatan

Article Details

References

  1. Eriza, D. (2018). “Peranan Petugas LPKA (Lembaga Pembinaan Khusus Anak) KLAS II Bandar Lampung dalam Pembinaan Anak Didik Tindak Pidana Kriminal”. Doctoral dissertation. Lampung: UIN Raden Intan Lampung.
  2. Jannah, M. (2021). “Efektivitas Program Pembinaan Bagi Anak Didik Pemasyarakatan Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas Ii Maros”. Doctoral dissertation. Makassar: UNIVERSITAS HASANUDDIN.
  3. Jiwantari, A. R., Mukhtar, M., & Zulaikha, S. (2017). Manajemen Pembinaan Anak jiwanrDidik Pemasyarakatan Studi Kasus LPKA Kelas II Jakarta. IMPROVEMENT Jurnal Ilmiah untuk peningkatan mutu manajemen pendidikan, 4(1), 93-103.
  4. Maisun, S. S. I. (2020). Efektivitas Pelaksanaan Pembinaan Anak Didik Pemasyarakatan (ANDIKPAS) di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA). Mimbar: Jurnal Penelitian Sosial Dan Politik, 9(1), 93-101.
  5. Rahma H, R. H. (2021). “Pemenuhan Hak Pendidikan Anak Pidana Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Maros”. Artikel. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
  6. Widodo, H., Sari, D. P., Wanhar, F. A., & Julianto, J. (2021). Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan dan Konseling Terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa SMK. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2168-2175
  7. Wirawan, R., & Dwimawanti, I. H. (2019). Kualitas Pelayanan Pendidikan Anak Binaan Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (Lpka) Klas 1 Kutoarjo Kabupaten Purworejo. Dialogue: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 1(2), 14-25.