Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) model media konseling berbasis booklet digital dapat diterima melalui uji kegunaan, kelayakan, dan ketepatan dalam mengurangi perilaku menyontek mahasiswa di STKIP Andi Matappa, (2) gambaran pelaksanaan pengembangan media konseling berbasis booklet digital dalam mengurangi perilaku menyontek mahasiswa di STKIP Andi Matappa, (3) Pengembangan media konseling berbasis booklet digital efektif dalam mengurangi perilaku menyontek mahasiswa di STKIP Andi Matappa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang berdasarkan tahapan-tahapan penelitian oleh Borg and Gall. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, angket dan observasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan untuk membuktikan hipotesis adalah uji Wilcoxon’s Signed Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model media konseling berbasis booklet digital yang diterima dalam penelitian ini yaitu booklet digital dengan judul “Menghapus Budaya Menyontek, Menyelematkan Generasi Muda” beserta panduan penggunaannya, (2) Gambaran pelaksanaan konseling kelompok menggunakan media konseling berbasis booklet digital memberikan pengaruh yang postif dalam mengurangi perilaku menyontek mahasiswa STKIP Andi Matappa, yang terlihat dari aspek-aspek yang diobservasi pada saat pemberian treatment (perlakuan) yang mengalami peningkatan pada setiap pertemuan. Peningkatan keaktifan pada setiap pertemuan mengindikasikan bahwa mahasiswa menerima pengembangan media konseling berbasis booklet digital dalam mengurangi perilaku menyontek mahasiswa, (3) Pengembangan media konseling berbasis booklet digital efektif dalam mengurangi perilaku menyontek mahasiswa di STKIP Andi Matappa.

Keywords

Media Konseling Booklet Digital Perilaku Menyontek

Article Details

References

  1. Borg, W. R & Gall, M. D. (2003). Educational Research: An Introduction Fifth Edition. Longman.
  2. Hapsari, C. M. (2013). Efektivitas Komunikasi Media Booklet “Anak Alami” Sebagai Media Penyampai Pesan Gentle Birthing Service. Jurnal E-Komunikasi. 1(3), 264-275. http://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/940.
  3. Imtihana, dkk. (2014). Pengembangan Buklet Berbasis Penelitian Sebagai Sumber Belajar Materi Pencearan Lingkungan di SMA. Unnes Journal of Biology Education. Vol. 3 (2), 187. https://journal.unnes.ac.id/artikel_sju/ujbe/4459.
  4. Perdana. (2013). Pengembangan Buku Digital Interaktif (BUDIN) Berbasis Creative Suite Pada Materi Genetika Di SMK. Jurnal Biologi Education. Semarang.
  5. Rahmawati. (2013). Pengembangan Buku Saku IPA Terpadu Bilingual Dengan Tema Bahan Kimia Dalam Kehidupan Sebagai Bahan Ajar Di MTS. Jurnal Edukatif. Semarang.
  6. Rusman. (2011). Patologi Sosial. Bumi Aksara.
  7. Simamora. (2014). Teknologi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.
  8. Wiworo dan Suharnan, 2012, Psikologi Pendidikan (Dalam Perspektif Baru). Alfabeta.