Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) gambaran pelaksanaan penggunaan media booklet melalui layanan bimbingan klasikal untuk menurunkan prokrastinasi akademik mahasiswa STKIP Andi Matappa, (2) penggunaan media booklet melalui layanan bimbingan klasikal efektif untuk menurunkan prokrastinasi akademik mahasiswa STKIP Andi Matappa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan bentuk one grup pre-test dan post-test terhadap 18 sampel penelitian yang merupakan mahasiswa bimbingan dan konseling angkatan 2017 STKIP Andi Matappa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan observasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan untuk membuktikan hipotesis adalah Uji Wilcoxon’s Signed Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan penggunaan media booklet melalui layanan bimbingan klasikal memberikan pengaruh yang positif dalam menurunkan prokrastinasi akademik mahasiswa STKIP Andi Matappa, yang terlihat dari aspek-aspek yang diobservasi pada saat penggunaan media booklet melalui layanan bimbingan klasikal yang mengalami peningkatan pada setiap pertemuan. Peningkatan keaktifan tersebut mengindikasikan bahwa mahasiswa menerima penggunaan media booklet melalui layanan bimbingan klasikal, (2) penggunaan media booklet melalui layanan bimbingan klasikal efektif untuk menurunkan prokrastinasi akademik mahasiswa STKIP Andi Matappa.

Keywords

media booklet layanan bimbingan klasikal prokrastinasi akademik

Article Details

Author Biographies

Muhammad Ilham Bakhtiar, STKIP Andi Matappa

Bimbingan dan Konseling

A. Aztri Fithrayani Alam, STKIP Andi Matappa

Bimbingan dan Konseling

References

  1. Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.
  2. Bagaray F. E. K. (2016). Efektivitas DHE Dengan Media Booklet dan Media Flip Chart Terhadap Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut Siswa SDN 126 Manado. Jurnal E-Gigi. 4(2), 76-82. https://ejornal.unsrat.ac.id/index.php/egigi/article/view/13487.
  3. Cooper & Schindler. (2014). Business Research Methods. McGraw-Hill.
  4. Ermida & Florentina. (2012). Pelatihan SAT (Self Regulation, Assertiveness, Time Management) dan Prokrastinasi Akademik pada Siswa SMA. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Jurnal Psikologi Indonesia. 1(1) 39-47. http://journal.wima.ac.id/index.php/experientia/article/download/51/49/&prev=search.
  5. Gemilang, R & Christiana, E. (2018). Pengembangan Booklet Sebagai Media Layanan Informasi untuk Pemahaman Gaya Hidup Hedonisme Siswa Kelas XI di SMAN 3 Sidoarjo. Pengembangan Booklet sebagai Media Layanan Informasi. 4-9. https://media.neliti.com/media/publications/252745-pengembangan-booklet-sebagai-media-layan-22c6fa3f.pdf.
  6. Ghufron. M. N., & Risnawita, R. (2017). Teori-teori Psikologi. Ar-Ruzz Media.
  7. Imtihana, dkk. (2014). Pengembangan Buklet Berbasis Penelitian Sebagai Sumber Belajar Materi Pencearan Lingkungan di SMA. Unnes Journal of Biology Education. Vol. 3 (2), 187. https://journal.unnes.ac.id/artikel_sju/ujbe/4459.
  8. Jatikusumo, M. R. (2018). Tingkat Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. (Studi Deskriptif pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Sanata Dharma Yogyakarta Angkatan 2016). Skripsi. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.
  9. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas (SMA). Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
  10. Safitri & Fitranti. 2016. Pengaruh Edukasi Gizi dengan Ceramah dan Booklet terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Gizi Remaja Overweight. Ejournal Undip. 5(4): 374-380. www.ejournal-sl.undip.ac.id.
  11. Tohirin. (2015). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. PT Radjagrafindo.
  12. Pralisaputri, dkk. (2016). Pengembangan Media Booklet Berbasis SETS pada Materi Pokok Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam untuk Kelas X SMA. Jurnal GeoCeo. Vol 2 (2), 151. https://jurnal.uns.ac.id/GeoEco/article/view/8930.
  13. Yustiana, E. (2015). Penggunaan Media Booklet Untuk Meningkatkan Pengetahuan Mitigasi Bencana Tanah Longsor Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kadangserang Kabupaten Pekalongan. Under Graduates thesis. Semarang: Universitas Semarang. http://lib.unnes.ac.id/21779/.