Main Article Content

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi pengaruh perilaku bermain game online terhadap disiplin belajar pada siswa kelas X jurusan Ototronik SMK N 3 Salatiga. Variabel dependennya adalah disiplin belajar dan variabel independennya adalah game online.
Jumlah subyek penelitian yaitu sebanyak 120 siswa, Metode pengambilan sampel acak sistematis menggunakan interval dalam memilih sampel penelitian. Penelitian membutuhkan 55 sampel dari 120 orang, maka jumlah kelompok intervalnya 120/55= 2 (kelompok). Selanjutnya responden dibagi ke dalam masing-masing kelompok lalu diambil secara acak tiap kelompok. Pengambilan data dengan menggunakan angket yang sudah diisi oleh para responden. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa nilai signifikansi regression adalah sebesar 0,000. Mengacu pada kriteria hasil uji hipotesis maka nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Oleh karena hipotesis penelitian sudah teruji kebenarannya yaitu ada pengaruh intensitas bermain game online.

Keywords

Game Online Disiplin Belajar

Article Details

References

  1. Aji, C. (2012). Berburu Rupiah Lewat Game Online. PT.Bounabooks.
  2. Ali, Z., Dwikurnaningsih, Y., & Setyorini. (2019). Pengaruh Dampak Game Online Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas VIII SMP Kristen 2 Salatiga Tahun Ajaran 2018/2019. Genta Mulia , 122-133.
  3. Ambarwati, L. (2012). Pengaruh Perilaku Bermain Game Online Terhadap Disiplin Belajar pada Siswa Kelas X SMA Kristen 1 Salatiga Tahun Pelajaran 2012/2013.
  4. Ambarwati, L. (2013). Pengaruh Perilaku Bermain Game Online Terhadap Disiplin Belajar Terhadap Disiplin Belajar pada Siswa Kelas X SMA Kristen 1 Salatiga Tahun Pelajaran 2013/2014. Repository Universitas Kristen Satya Wacana , 1-13.
  5. Anneahira. (2012, October 17). Pengertian Pendidikan. Retrieved from http://anneahira.com/artikel-pendidikan/
  6. Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
  7. Asmani, J. (2012). Kiat Mengatasi Kenakalan Remaja di Sekolah. Yogyakarta: P.T Buku Biru.
  8. Aulia, A. (2012). Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT untuk Meningkatkan Kedisiplinan dan Prestasi Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X di SMK Sultan Agung Kabupaten Cirebon. Jurnal Online Mahasiswa, 7-10.
  9. Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
  10. Dumrique, D. O., & Castillo, J. G. (2017). Online Gaming: Impact on the Academic Performance and Social Behavior of the Students in Polytechnic University of the Philippines Laboratory High School. KnE Publishing , 1205-1210.
  11. E.Mulyasa. (2011). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Sinar Grafika Offset.
  12. Kamaratih, D. (2012). Hubungan Antara Kecanduan Bermain Game Online dengan Prokrastinasi Akademik dalam Menyelesaikan Tugas pada Mahasiswa UKSW. Repository Universitas Kristen Satya Wacana , 1-6.
  13. Kamaratih, D. (2012). Hubungan Antara Kecanduan Bermain Online Game dengan Prokrastinasi Akademik dalam Menyelesaikan Tugas pada Mahasiswa UKSW.
  14. Muljahid, M. R. (2016). Kisi-kisi Instrument Penggunaan Game Online. Repository UMY, 104.
  15. Naim, N. 2. (2012). Character Building Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
  16. Rahman, A. M. (2011). Pentingnya Disiplin Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
  17. Rohman. (2012). Psikologi Karakter Kepribadian. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  18. Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
  19. Sugiyono. (2013). Statistika Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta.
  20. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
  21. Tarigan, J. M., Soesilo, T. D., & Irawan, S. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Sosial (Instagram) Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Konseling Andi Martappa .
  22. Thelkar, V. (2018). Impact of Computer Games on Students. International Journal of Engineering Technologies and Management Research , 24-29.
  23. Tu'u, T. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: P.T Grasindo.